Nyaris 1 Kg Sabu Disita Polda Jateng

Mustholih    •    Kamis, 20 Jul 2017 17:43 WIB
narkoba
Nyaris 1 Kg Sabu Disita Polda Jateng
Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, memimpin gelar perkara peredaran sabu seberat hampir satu kilogram di Semarang. (Metrotvnews.com/Mustholih)

Metrotvnews.com, Semarang: Kepolisian Daerah Jawa Tengah mendapat tangkapan besar kasus peredaran narkotika jenis sabu di Semarang. Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, menuturkan barang bukti utama yang disita hampir mencapai 1 kilogram.

"Ini sedang kita koordinasikan apakah terkait dengan pengungkapan sabu satu ton di Anyer, Banten. Dari keterangan pelaku sabu diambil di Jakarta. Pasti ini jaringan internasional," kata Condro saat gelar perkara di kantor Dit Resnarkoba Polda Jateng, Semarang, Kamis, 20 Juli 2017.

Tersangka pelaku pengedar sabu yang ditangkap bernama Yongki BS, 41, warga Kebon Agung, Semarang Timur; dan Doni alias Sinyo, 30, warga Sompok, Semarang Selatan.

Yongki ditangkap pada pukul 03.00 WIB, Sabtu 15 Juli 2017 di sebuah hotel di Semarang saat sedang mengkonsumsi sabu. "Dari pelaku ditemukan sabu seberat 1,5 gram," katanya.

Pelaku lalu digiring ke tempat kosnya di Malangsari, Tlogosari. Di situ polisi mendapati sabu seberat 915 gram.

Lewat Yongki, Polda Jateng kemudian mengembangkan kasus. Teman Yongki, Doni, selanjutnya ditangkap di kosannya di Sompok, Semarang. Polisi menemukan 3 gram sabu.

Menurut Condro, kedua tersangka sebenarnya punya dua kilogram sabu. Namun, satu kilogram sabu dibawa Doni ke Pasuruan, Jawa Timur. "Sisanya 1 kilogram dipasarkan di Semarang dan sekitarnya oleh Yongki," terang Condro.

Total barang bukti sabu yang disita seberat 919,5 gram. Barang bukti lain yang disita adalah buku tabungan, satu unit telepon selular, dan alat hisap sabu. Data di Polda Jateng, Yongki dan Doni pernah menjadi narapidana di Lapas Kedungpane Semarang, dengan kasus yang sama.


(SAN)