Seniman Yogyakarta Menyulap Kertas Menjadi Enak Dimakan

Patricia Vicka    •    Minggu, 06 Aug 2017 18:49 WIB
seniman
Seniman Yogyakarta Menyulap Kertas Menjadi Enak Dimakan
Kertas yang bisa dimakan karya Alvin Aghnuba, seniman asal Yogyakarta -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Seorang seniman di Yogyakarta mampu mengubah kertas menjadi sesuatu yang bisa dimasak dan dimakan. Kertas yang bisa dimakan itu kemudian diwarnai dengan teknik sablon menggunakan coklat cair.

Alvin Aghnuba menjelaskan, idenya menyulap kertas menjadi sesuatu yang enak dimakan itu bermula dari tugas praskripsinya. Sang dosen pembimbing menantangnya membuat karya seni yang bisa dinikmati dan melibatkan orang banyak.

"Saya kemudian teringat ada kata-kata becandaan, `kalau mau pintar, kertas berisi pelajaran dibakar, lalu dimakan`," kata pria jebolan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini saat memamerkan hasil karyanya di Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2017, Minggu 6 Agustus 2017.

Dari ide sederhana itu, Alvin kemudian mencari tahu bagaimana caranya kertas bisa dimakan. Ide kreatifnya ini bersambut ketika satu hari ia melihat sebuah kue tart yang ada kertas dan bisa ditulisi serta dimakan.

Ia pun lantas keluar-masuk toko kue untuk mencari kertas tersebut. Usahanya tidak langsung berhasil, perlu puluhan kali agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

"Kalau di kue-kue itu kertas diwarnai pakai pewarna makanan. Saya lalu mencoba pakai pewarna makanan, pernah juga pakai selai, dan pakai tepung. Tapi, paling enak ternyata memakai coklat cair," tutur Alvin.

Hasil karya Alvin ini mendapat sambutan luar biasa dari pengunjung FKY 2017. Mereka berebut untuk mencoba mensablon kertas.

Banyak juga yang penasaran dan ingin mencoba rasa kertas hasil kreasi Alvin. Cara memasaknya pun sederhana, kertas hanya perlu digoreng dengan mentega selama kurang lebih tiga menit sambil sesekali dibolak-balik.

Kertas yang sudah matang akan berubah warna menjadi putih agak kecoklatan. Saat dimakan, kertas terasa garing, gurih, dan manis.

Rasanya seperti makan kulit leker. Sayangnya, Alvin belum berniat menjual kertas tersebut. Ia membagikannya kepada pengunjung FKY 2017 secara cuma-cuma.


(NIN)