PPP Mengaku Didekati PDI Perjuangan Jateng

Mustholih    •    Selasa, 19 Sep 2017 19:58 WIB
pilkada 2018
PPP Mengaku Didekati PDI Perjuangan Jateng
Ilustrasi pilkada, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Semarang: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sedang main mata dengan Partai Persatuan Pembangunan pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Ketua PPP Jawa Tengah, Masyruhan Samsurie, menyatakan partai berlambang banteng moncong putih itu pernah meminta PPP Jateng menyodorkan kadernya untuk diusung sebagai calon Wakil Gubernur Jateng pada Pemilihan tahun depan.

"Karena kami punya dengan PDIP punya hubungan PPP dan kami diminta menyodorkan nama, kami sodorkan untuk wakil," kata Masyruhan saat dihubungi Metrotvnews.com, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 18 September 2017.

Menurut Masyruhan, permintaan kepada PPP Jateng pada saat PDI Perjuangan membuka penjaringan kandidat Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jateng pada 24 Juli hingga 11 Agustus 2017. Kala itu, kata Masyruhan, PPP Jateng menyodorkan dua nama kader. 

"Kemarin kami sudah kirim kader PPP untuk mendaftar di PDIP Jateng. Marzuki selaku Bupati Jepara (Ketua Majelis Pertimbangan PPP Jepara) dan Abu Nafis (Ketua PPP Blora)," jelas Masyruhan.

Namun, kata Masyruhan, rupanya salah satu Pengurus Pusat PPP, Akhmad Muqowam, juga tertarik dengan permintaan PDI Perjuangan. Berhubung Muqowam lebih sering berada di Ibu Kota Jakarta, Muqowam lalu membangun komunikasi langsung dengan Pengurus Pusat PDI Perjuangan. 

"Jadi begini, ketika PDIP kemarin meminta, kami serahkan dua nama itu. Di tingkat pusat ada Pak Muqowam. Karena kebetulan di Jakarta, sering adakan lobi di Jakarta. Kami dapat tembusan bahwa Pak muqowam melakukan pendekatan dengan DPP PDIP yang ada keinginan untuk bisa dipasangkan dengan Pak Ganjar," jelas Masyruhan.

PPP Jateng tidak mempersoalkan langkah Muqowam tersebut. Namun, kata Masyruhan, Ganjar sendiri belum tentu diusung lagi oleh PDI Perjuangan di Pilkada Jateng. 

Masyruhan menambahkan Ahmad Muqowam memang masuk dalam radar PPP Jateng untuk maju di Pilkada  2018. Namun, selain Muqowam, PPP Juga membidik Wakil Ketua Majelis Pakar PPP jateng, Subroto, untuk maju dalam Pilkada Jateng sebagai wakil. 

"Kami akan mengeluarkan nama-nama iti setelah koalisi dengan partai lain mendekati final. Saya menjalin koalisi dulu, baru kami akan mengeluarkan figur. Kami sadar kami bukan partai yang bisa mengusung (jagoan) sendiri," beber Masyruhan.



(RRN)