Pernikahan Kahiyang-Bobby

5.453 Personel TNI-Polri Amankan 13 Titik

Pythag Kurniati    •    Jumat, 03 Nov 2017 14:26 WIB
jokowi mantupernikahan kahiyang-bobby
5.453 Personel TNI-Polri Amankan 13 Titik
Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro mengecek kesiapan pasukan dan peralatan dalam apel pengamanan pernikahan Kahiyang-Bobby. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 5.453 personel pengamanan bakal diterjunkan saat prosesi pernikahan putri presiden, Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Ribuan personel gabungan TNI-Polri ini akan mengamankan 13 titik, dibantu oleh sejumlah instansi lain.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengungkapkan, beberapa titik yang diamankan mulai dari bandara, stasiun, rute yang dilewati, hingga Graha Saba Buana sebagai tempat acara.

“Serta kediaman presiden,” ungkap Tatang usai memimpin apel inspeksi pengamanan di Stadion Manahan, Kota Solo, Jumat 3 November 2017.

Pasukan TNI diperkuat personel dari Kodam IV/Diponegoro, TNI Angkatan Udara, dan TNI Angkatan Laut. Sedangkan personel Polri diisi oleh jajaran kepolisian Polda Jawa Tengah dan dari wilayah Jawa Tengah.

5.453 personel pengamanan akan dibagi menjadi beberapa subsatgas pengamanan. Sedangkan pada saat resepsi, pengamanan akan dibagi menjadi tiga ring.

Ring pertama akan diisi oleh personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Ring kedua dan ketiga akan ditangani oleh personel gabungan TNI-Polri.

(Baca: Ratusan Kendaraan Patwal Kawal Tamu Pernikahan Kahiyang-Bobby)

“Selain itu ada personel-personel lainnya misalnya dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Kota, DLLAJR, pemadam kebakaran dan lain sebagainya,” beber Tatang.

Menurutnya, pengalaman mengamankan jalannya prosesi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda dua tahun lalu menjadi bahan evaluasi serta penyempurnaan.

Pengamanan akan dilakukan mulai Sabtu, 4 November 2017 hingga Kamis, 9 November 2017. Rentang waktu sebelum hari H pernikahan, akan digunakan personel untuk mematangkan kesiapan.

“Masih ada beberapa hari ke depan, kami akan terus lakukan latihan-latihan, antisipasi wilayah, mensinkronkan antara satuan-satuan yang ada,” pungkas Tatang.

(Baca: Tamu Pernikahan Kahiyang-Bobby Mencapai 8 Ribu Orang)

Prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby akan dimulai sejak Selasa, 7 November 2017. Keluarga Presiden akan menggelar pengajian, siraman serta midodareni di kediaman presiden.

Kemudian pada Rabu, 8 November 2017, akad nikah Kahiyang-Bobby akan diselenggarakan di Graha Saba Buana. Dilanjutkan resepsi siang dan malam hari. Keluarga presiden mengaku menyebarkan kurang lebih 8 ribu undangan.

 


(SUR)