AHY Berikan Bantuan ke Warga Bantul Korban Banjir

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 02 Dec 2017 15:38 WIB
banjirlongsor
AHY Berikan Bantuan ke Warga Bantul Korban Banjir
Suasana penyaluran bantuan AHY untuk warga Bantul terdampak bencana banjir. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Bantul: Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan bantuan kepada warga Bantul yang menjadi korban banjir. Bantuan berupa kebutuhan pokok itu disalurkan di sejumlah lokasi di Bantul pada Sabtu, 2 Desember 2017. 

Bantuan pertama disalurkan ke warga Desa Dogongan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Di lokasi ini, banyak warga terdampak banjir saat terjadi Siklon Tropis Cempaka pada 28 November 2017. 

Sejumlah rumah sebagian bersih dari lumpuh dan ada pula yang masih melakukan pembersihan. Namun, hampir di semua sudut jalan lumpur masih berserakan. 

"Dampak dari bencana banjir ini tentu sangat mengganggu. Banyak kerugian materiil, rumah, dan infrastruktur," kata AHY di Desa Dogongan. 

Di desa itu, Putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu menemui sejumlah kelompok warga. AHY menemui sekelompok ibu-ibu yang berada di dapur umum untuk memasak bersama. 

Sejumlah ibu-ibu bercerita banjir yang terjadi beberapa hari lalu. Banjir tersebut juga menghilangkan sebagian besar isi sekolah PAUD di desa tersebut. 

"Tadi ada cerita dari guru PAUD yang katanya isinya seperti alat-alat belajar habis semua. Kita harus memiliki kepedulian untuk kembali membantu agar warga bisa beraktivitas dengan baik," ujarnya. 

Ia menyatakan memberi bantuan tidak terlalu banyak. Namun, ia berharap warga tetap memiliki harapan untuk bangkit usai bencana itu. 

"Ibu-ibu tadi yang penting memiliki harapan dan semangat untuk bangkit. Saya berharap siapapun yang mampu agar bisa ikut membantu meringankan beban masyarakat," ujarnya. 

Selain di Desa Dogongan, bantuan dari keluarga besar SBY itu juga disalurkan ke warga Desa Kebunagung, Kecamatan Imogiri. Sejumlah warga di desa tersebut juga ikut terdampak banjir. Sebelum ini, AHY mengaku juga menyalurkan bantuan ke warga terdampak bencana di Gunungkidul, Wonogiri (Jawa Tengah), dan Pacitan (Jawa Timur). 

"Saya memiliki keyakinan pemerintah dari pusat hingga kabupaten akan mengambil langkah penanganan bencana. Termasuk reaksi cepat berupa langkah darurat," kata dia. 

Saat berada di Desa Dogongan, AHY berkeliling di sejumlah sudut jalan yang masih terdapat ceceran lumpur bekas banjir. Kemudian, AHY yang juga disertai anggota DPR Roy Suryo, menghampiri kelompok ibu-ibu di dapur umum. 



Di dapur umum itu, AHY mendengarkan sejumlah cerita dan keluhan warga saat dan sesudah banjir. Saat selesai, memberikan bantuan, AHY ditawari untuk mencicipi bakmi kuning yang dimasak di dapur umum itu. Kemudian, AHY mencicipi bakmi dengan wadah daun pisang tersebut. 

"Niatnya nengok tapi dikasih buat mencicipi bakmi. Senang saya terharu. Rasanya (bakmi) enak sekali. Mi yang dimasak dengan campuran sayur," ujar AHY.

Di dapur umum itu, para perempuan tersebut memasak untuk kaum lelaki yang kerja bakti membersihkan lumpur. Dapur umum itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan logistik 80 orang. 

"Masaknya buat yang mereka yang kerja bakti, dan relawan yang membersihkan lumpur bekas banjir. Harapan saya masyarakat tidak terkena penyakit," ujarnya. 



(ALB)