Warga Menuntut Masjid Terdampak Tol Semarang-Batang Segera Dipindah

Iswahyudi    •    Rabu, 04 Oct 2017 14:27 WIB
tol
Warga Menuntut Masjid Terdampak Tol Semarang-Batang Segera Dipindah
Masjid Ittihadul Mujahidin di Desa Rowobranten, Kecamatan Ringinarum, Kendal, Jawa Tengah, yang terdampak pembangunan tol Semarang-Batang -- MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Debu tebal selalu menutupi Masjid Ittihadul Mujahidin di Desa Rowobranten, Kecamatan Ringinarum, Kendal, Jawa Tengah. Hal ini disebabkan proyek tol Semarang-Batang.

"Setiap hari selalu penuh dengan debu. Bahkan, setiap mau salat, kami harus menyapu masjid terlebih dahulu. Meski sudah dibersihkan saat pagi dan sore, debu selalu masuk masjid terbawa angin," kata Joko Suparno, warga Desa Rowobranten, Rabu 4 Oktober 2017.

Masjid tersebut sebenarnya terdampak proyek Tol Semarang-Batang. Namun, belum ada kejelasan perihal pengganti lokasi masjid. Sehingga, warga meminta masjid jangan dibongkar terlebih dahulu.

Berdasarkan musyawarah desa, katanya akan diganti dengan lahan yang luasnya sama persis. Begitu pun bangunan juga akan dibangun lagi oleh PT Waskita. Tapi, kapan dan dimana, sampai sekarang belum ada warga yang tahu," Joko.

Saat ini, pengurukan setinggi 3 meter yang dilakukan PT Waskita Karya telah mengimpit bangunan masjid. Pengurukan dilakukan tanpa pengamanan, baik berupa pagar pembatas atupun penyangga untuk mengantisipasi agar tanah tidak longsor.

Humas PT Waskita Karya pembangunan tol seksi III Andika menjelaskan, pihaknya bakal bertanggung jawab memindahkan Masjid Ittihadul Mujahidin. Namun, belum ada kesepakatan dengan pemerintah desa.

"Tanah pengganti belum dapat persetujuan dari pemerinh desa, sehingga kami belum bisa membangunkan," kata Andika.


(NIN)