KPU DIY Temukan 3.046 Data Ganda Parpol Calon Peserta Pemilu 2019

Patricia Vicka    •    Senin, 30 Oct 2017 17:07 WIB
pemilu serentak 2019
KPU DIY Temukan 3.046 Data Ganda Parpol Calon Peserta Pemilu 2019
Komisioner KPU DIY Divisi Hukum dan Pengawasan Siti Ghoniyatun (tengah) -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menemukan 3.056 data anggota ganda pada berkas administrasi partai politik calon peserta pemilu 2019. Data ganda tersebut ditemukan merata di seluruh kabupaten/kota.

Komisioner KPU DIY Divisi Hukum dan Pengawasan Siti Ghoniyatun menjelaskan, data ganda yang ditemukan bentuknya beragam. Ada anggota yang memiliki Kartu Tanda Angota (KTA) di dua partai politik. Ada pula yang memiliki satu KTP, namun alamatnya berbeda dan terletak di dua kabupaten.

"Kami juga menemukan ada beberapa data yang diragukan karena memiliki alamat yang salah serta status pekerjaannya diduga atidak sesuai syarat," kata Siti di Kantor KPU DIY, Senin 30 Oktober 2017.

Menurut Siti, jumlah terbanyak ditemukan KPU Kabupaten Bantul dengan 1.194 anggota ganda. Disusul Kabupaten Kulon Progo dengan 600 anggota ganda.

"Kota Jogja ada 594 anggota ganda, Gunungkidul 550, dan Sleman 108 anggota ganda," rincinya.

Siti menegaskan, pihaknya akan segera melakukan verifikasi faktual untuk mengecek data ganda tersebut. Verifikasi dilakukan dengan mendatangi langsung rumah individu yang termasuk dalam data ganda.

"Kalau satu individu tercatat di dua parpol, Kami akan tanya langsung ke individu, dia anggota parpol mana. Juga akan kami cek ke Dinas Dukcapil identitas anggota yang diragukan alamatnya," jelas Komisioner Divisi Logistik KPU DIY Guno Tri Cahyoko.

Verifikasi faktual dilakukan mulai minggu ini. KPU turut menggandeng Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) serta pemerintah desa guna mendampingi saat pemeriksaan.

Saat proses verifikasi, KPU akan mengecek status pekerjaan dan umur anggota. Anggota yang berstatus PNS, Polri, TNI serta dibawah 17 tahun dan belum menikah dinyatakan tidak memenuhi syarat alias gugur.


(NIN)