Jepara Mulai Petakan Jalan Rusak Akibat Cuaca

Rhobi Shani    •    Jumat, 09 Feb 2018 15:51 WIB
jalan rusak
Jepara Mulai Petakan Jalan Rusak Akibat Cuaca
Ilustrasi jalan rusak. Foto: MI/Achmad Sapuan

Jepara: Tinggi curah hujan yang mengguyur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berdampak pada infrastruktur jalan. Terutama jalan-jalan di wilayah pinggiran.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Jepara, Ngadimin menyatakan, kerusakan mulai dari aspal mengelupas, bergelombang, hingga jalan berlubang.

“Kami sudah mulai memetakan. Baik tim mengecek di lapangan maupun berdasarkan laporan dari masyarakat,” ujar Ngadimin di sela-sela kegiatan peringatan Hari Pers Nasional di halaman Pendapa Kabupaten Jepara, Jumat 9 Februari 2018.

Kerusakan jalan kabupaten terparah ada di Kecamatan Mayong dan Keling. Sementara, kondisi jalan nasional di Kecamatan Tahunan mulai bergelombang.

"Setelah pendataan selesai, kami akan menentukan skala prioritas jalan mana yang diperbaiki. Baik dengan anggaran peningkatan maupun klinik jalan,” kata Ngadimin.

Ngadimin menyebut sejumlah jalan sudah dibidik untuk diperbaiki memakai anggaran klinik jalan. Namun, jalan yang diperbaiki berkemungkinan bergeser.

“Terlebih saat ini intensitas hujan masih tinggi dan berpotensi membuat kerusakan jalan kabupaten kian parah. Kita tetap berpatok pada rencana dan aturan yang ada. Tapi kita juga mempertimbangkan kondisi di lapangan,” beber Ngadimin.
 


(SUR)