KPU Provinsi Bela KPU Kota Menghadapi Gugatan Imam-Achmad

Patricia Vicka    •    Jumat, 17 Mar 2017 10:42 WIB
pilkada
KPU Provinsi Bela KPU Kota Menghadapi Gugatan Imam-Achmad
Ketua KPU prov DIY Hamdan Kurniawan (tengah)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: KPU Provinsi Yogyakarta siap mendampingi dan membela KPU Kota Yogyakarta menghadapi gugatan tim paslon pertama Imam Priyono-Achmad Fadli di Mahkamah Konstitusi dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Sidang perdana gugatan itu akan digelar hari ini 17 Maret 2017.

Ketua KPU provinsi DIY Hamdan Kurniawan mengatakan, pihaknya siap membantu menyiapkan advokasi serta bukti-bukti dan saksi yang diperlukan. Sebab, menurutnya pelaksanaan pilkada adalah kegiatan bersama yang saling bersinergi antara KPU Kota dengan Provinsi.

"KPU Provinsi akan ikut serta melakukan atensi, advokasi dan berkordinasi dengan KPU Kota," kata Hamdan, Kamis 16 Maret 2017 di kantornya di Yogyakarta.

Baca: Pendukung Imam-Fadhli Datangi KPU

Ia menegaskan KPU kota selama ini sudah bekerja profesional sesuai prosedur dan peraturan yang ada. Komisioner divisi hukum dan beberapa anggota KPU Provinsi sudah ke Jakarta untuk menghadapi sidang perdana. Tugasnya untuk mendampingi dan memberi bantuan ke KPU Kota Yogyakarta.

"Hari ini agenda sidang baru pembacaan permohonan. Setelah itu KPU akan menyiapkan bukti-bukti yang relevan yang terkait isi permohonan," paparnya.

Baca: Ada Suara Sah di Kotak Surat Suara Tidak Sah Pilkada Kota Yogya

Sementara untuk sidang di DKPP, pihaknya masih menunggu kabar dari DKPP.

Tim sukses paslon pertama melaporkan KPU kota Yogyakarta ke MK atas dugaan ketidaknetralan serta sejumlah permasalahan dalam proses perhitungan surat suara pada pilkada lalu.




(ALB)