Fajar di Bumi Kendal Sambangi TMII Jakarta

Iswahyudi    •    Minggu, 19 Mar 2017 17:23 WIB
kesenian
<i>Fajar di Bumi Kendal</i> Sambangi TMII Jakarta
Pemain ketoprak Dewan Kesenian Kendal berlatih di Pendopo Kabupaten, Minggu, 19 Maret 2017. (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Dewan Kesenian Kendal akan menyuguhkan pagelaran ketoprak berjudul Fajar di Bumi Kendal di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Minggu 2 April 2017.

Saat ini, Dewan Kesenian Kendal masih mematangkan persiapan agar pertunjukan yang ditampilkan bisa memberikan kesan mendalam bagi penggemar.  

"Semua persiapan sudah 75 persen," ujar sutradara Fajar di Bumi Kendal, Sonny Wisnu Murti, di sela latihan di Pendopo Kabupaten Kendal, Minggu, 19 Maret 2017.

Sonny mengungkapkan, ketoprak dipilih karena kesenian tersebut sarat dengan nilai dan muatan lokal. Selain itu, masyarakat awam bisa menikmati dan memahami makna cerita.

Ketoprak berjudul Fajar di Bumi Kendal mengangkat cerita antara dua tokoh penting di Kendal-Kaliwungu yang berbeda aliran, yakni Pakuwojo (abangan) dan Sunan Katong (ulama).

Keduanya bertarung hingga mati. Darah mereka mengalir melalui sebuah kali sehingga menjadi 'wungu', maka disebutlah Kaliwungu. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, pertarungan berlanjut sampai generasi berikutnya. Permusuhan berhenti saat Sunan Kalijogo datang dan menyelesaikan pertikaian antara dua kubu.

Rencananya, pementasan melibatkan 40 personel yang terdiri atas pengrawit, penari, dan pemain ketoprak. 

"Sebelum berangkat ke TMII pada 31 Maret nanti, kami akan menggelar gladi kotor dan gladi bersih dulu di Pendopo Kabupaten Kendal. Agar lebih siap dan matang saat pentas di TMII nanti," pungkasnya.


(SAN)