Empat Desa di Jepara Diterjang Puting Beliung

Rhobi Shani    •    Jumat, 25 Jan 2019 11:36 WIB
puting beliung
Empat Desa di Jepara Diterjang Puting Beliung
Warga merapikan genting yang berserakan di atap rumah. Medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Angin puting beliung merusak puluhan rumah di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Angin menerjang empat desa di Kecamatan Kalinyamatan. Keempat desa terdampak yaitu Margoyoso, Kriyan, Robayan, dan Bakalan.

Kepala Desa Margoyoso Miftahul Huda menyebut lebih dari 30 rumah di desa yang dipimpinnya rusak. Sebagin besar rumah rusak di atap. Angin puting beliung juga merobohkan sejumlah pohon, papan reklame, dan tiang listrik.

 “Atap rumah banyak yang rusak genteng-genteng berhamburan terutama di wilayah RW1, 2 dan 3,” ujar Miftahul saat meninjau lokasi terdampak puting beliung, Jumat, 25 Januari 2019.

Anas Taufik, warga RT5 RW1 menceritakan, angin puting beliung datang dari selatan bergerak menuju utara kemudian kembali lagi ke selatan. Kencangnya tiupan angin gemuruh yang keras.

“Saya masih di dalam rumah terdengar suara gemuruh terus melihat genteng pada terbang. Kejadiannya tidak lama,” kata Anas yang atap rumahnya rusak 80 persen.

Angin datang disertai dengan gerimis. Hujan turun di wilayah Kalinyamatan dari dini hari.

Kapolsek Kalinyamatan Iptu Sumardi menyebut angin puting beliung terjadi di empat desa dalam waktu yang hampir bersamaan. Kondisi terparah berada di Desa Margoyoso.

"Kami masih mengumpulkan data dari desa-desa. Ini sudah mulai dibersihkan, anggota sudah kami terjunkan untuk membantu warga karena ada beberapa pohon yang tumbang menimpa sebagain rumah warga,” kata Sumardi.


(SUR)