Gunungkidul Coret Anggaran Proyek Embung dan Sirkuit

Antara    •    Minggu, 02 Sep 2018 19:51 WIB
apbd
Gunungkidul Coret Anggaran Proyek Embung dan Sirkuit
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Gunungkidul: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencoret rencana anggaran pembangunan embung raksasa Semanu dan sirkuit dalam APBD Perubahan 2018.

"Rencana pembangunan embung di Kecamatan Semanu tidak masuk dalam skala prioritas APBD 2018 dan APBD Perubahan 2018," kata Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi di Gunungkidul, Minggu, 2 September 2018.

Ia mengakui rencana pembangunan embung raksasa merupakan gagasan Pemkab dan DPRD Gunungkidul. Proyek ini untuk mencukupi kebutuhan air masyarakat, pertanian dan pariwisata.

Meski proyek embung batal masuk pagu, pemerintahan Gunungkidul bersama pemerintah pusat akan terus mencari program untuk memenuhi kebutuhan air warga Gunungkidul.

"Pada dasarnya pembangunan embung harus terus dikaji tentang penyedian air minum dan air pertanian dan lain-lain terus kami gencarkan," katanya.

Dia menyebut pemerintah pusat merencanakan pembangunan 15 sumur bor berskala cukup besar tahun ini.
 
Immawan juga mengakui pemkab mencoret anggaran pembangunan sirkuit karena tak diprioritaskan. Pemkab Gunungkidul masih mengkaji lebih lanjut proyek itu.

Pemerintah pada prinsipnya setuju untuk memberikan fasilitas kepada generasi muda Gunungkidul. Namun, hitung-hitungan belanja daerah masih harus diperhatikan karena persoalan lahan.

"Pengadaan tanah sirkuit harus dikaji. Laporan pengadaan tanah juga belum masuk," katanya.

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto meminta pemkab tidak menghentikan rencana pembangunan sirkuit. Sirkuit bertaraf nasional ini nantinya dapat mewadahi kegiatan masyarakat Gunungkidul. berdampak pada perputaran roda ekonomi.

"Kalau ditunda tidak masalah, tetapi jangan dibatalkan," katanya.


(SUR)