Pemudik Mulai Padati Masuk Semarang

Budi Arista Romadhoni    •    Jumat, 08 Jun 2018 19:42 WIB
Mudik Lebaran 2018
Pemudik Mulai Padati Masuk Semarang
Kepadatan di pintu tol Manyaran Kota Semarang, Jumat 8 Juni 2018, Medcom.id - Budi Arista

Semarang: Memasuki H-7 lebaran Arus kendaraan pemudik yang melintas di tol Semarang, Jawa Tengah, meningkat cukup signifikan. Peningkatan jumlah kendaraan pemudik lantaran mulai dibukanya tol fungsional dari Batang-Semarang 

Dari pantauan pihak Jasa Marga cabang Semarang, lonjakan jumlah kendaraan terpantau pada pukul 10.30 WIB jumlah kendaraan yang masuk di Gerbang Tol (GT) Manyaran mencapai 14 ribu. Lalu pada pukul 14.30 WIB, kendaraan masuk mencapai 25.600. 

Sementara, kendaraan keluar di GT Manyaran pukul 10.30 WIB mencapai 11 ribu, lalu pukul 14.30 WIB mencapai 17.700 kendaraan. 

"Kenaikan jumlah kendaraan baik masuk dan keluar di GT Manyaran mencapai 25 persen. Prediksi kami pada H-7 yakni 25 ribu kendaraan masuk dan keluar 16 ribu. Jadi sudah tercapai dari hari biasanya yakni 20 ribu kendaaraan," kata General Manager Jasa Marga Semarang, Johannes Mancelly saat ditemui di Kantornya, Semarang, Jumat 8 Juni 2018. 

Johanes menyebutkan, kenaikan kendaraan di wilayah tol Semarang dipicu karena dibukannya exit tol fungsional dari  Pemalang- Batang dan Batang-Semarang. Di mana pintu keluarnya berada di simpang susun Krapyak tol Manyaran. 

"Tadi pagi sampai siang memang sempat padat. Mungkin karena waktu tempuh tol fungsional ini lebih cepat, pemudik memilih langsung menggunakan, " katanya. 

Jasa Marga sendiri memprediksi puncak kepadatan di tol Semarang terjadi pada H-5 tanggal 10 Juni 2018 mendatang dengan jumlah 43 ribu kendaraan. Lantaran itu, pihaknya telah menyiapkan alternatif rekayasa dengan menambah gerbang masuk dan mengurangi gerbang keluar.

"Lihat situasi, kalau diperlukan bisa dibuka 12 gerbang untuk masuk dan 1 untuk keluar tanpa transaksi," ujarnya.



(RRN)