Jawa Timur Belum Punya Rumah Anti Gempa

Amaluddin    •    Rabu, 03 Oct 2018 17:42 WIB
gempa bumi
Jawa Timur Belum Punya Rumah Anti Gempa
Ilustrasi Warga berada di bangunan rumah yang rusak pascagempa di Dusun Pamongok, Desa Seteluk Tengah, Seteluk, Taliwang, Sumbawa Barat, Rabu (3/10). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi.

Surabaya: Provinsi Jawa Timur belum membangun rumah tahan gempa. Padahal Jawa Timur adalah salah satu wilayah yang kerap dilanda gempa.

"Kalau membangun rumah tahan gempa, di Jatim masih belum ada. Yang ada baru di Lombok, pasca bencana gempa beberapa waktu lalu," kata Kepala Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jawa Timur, Moh Rudi Ermawan, Rabu, 3 Oktober 2018.

Rudi menjelaskan, pembangunan rumah anti gempa adalah kewenangan pemerintah daerah. Menurut Rudi, membangun rumah tahan gempa berbeda dengan membangun rumah pada umumnya. Butuh keahlian, alat, dan teknologi khusus.

"Jadi ada penyedia aplikasi Risha (yang akan mengajarkan cara membuat dan merakit rumah tahan gempa. Rumah contoh juga sudah disediakan beserta cetakan beton modularnya, jadi betonnya tinggal pasang aja, dan itu sudah diaplikasikan di Lombok,"  jelas Rudi.


(DEN)