Pemprov Jateng Antisipasi Bencana Kekeringan

Budi Arista Romadhoni    •    Selasa, 03 Jul 2018 19:06 WIB
kekeringan
Pemprov Jateng Antisipasi Bencana Kekeringan
ilustrasi Medcom.id

Semarang: Kekeringan saat musim kemarau menjadi perhatian Pemerintah Jawa Tengah. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan telah menyediakan alokasi dana mencapai Rp40 miliar untuk menanggulangi potensi bencana kekeringan.

"BPBD sudah menyiapkan hal tersebut. Kita sudah ada dana sampai Rp40 miliar dan terserap 30 persen," kata Ganjar usai rakor penanggulangan kekeringan di markas BPBD Jateng, Jalan Imam Bonjol Semarang, Selasa, 3 Juli 2018. 

Ganjar mengungkapkan sudah ada 2.000 tangki air bersih yang siap dikirim ke sejumlah daerah rawan kekeringan. Data yang diperoleh dari BPBD Jateng terdapat 18 daerah yang mengalami kekeringan di pertengahan tahun 2018 ini. 

"Beberapa daerah yang menjadi titik pengawasannya saat kekeringan yaitu ada di Wonogiri, Rembang, Klaten, dan Purwodadi. Itu daerah-daerah yang dalam pengawasan kita," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan kepada tiap pemangku wilayah atau kepala daerah kabupaten/kota untuk mengelola dana penanggulangan bencana sejak dini. 

"Karena ada daerah yang tidak tercover dengan anggaran dari kita," ujar Ganjar.



(ALB)