Giyo Hilang saat Memandu Wisata di Goa Pindul

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 10 Oct 2016 05:19 WIB
objek wisata
Giyo Hilang saat Memandu Wisata di Goa Pindul
Ilustrasi sejumlah wisatawan menggunakan pelampung menyusuri Goa Pindul di kawasan Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta, Kamis (9/2). Foto: FOTO ANTARA/Noveradika.

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Seorang pemandu wisata Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bernama Giyo, hilang saat memandu sejumlah wisatawan, Minggu 9 Oktober. Hingga Minggu siang, pria berusia 50 tahun itu belum diketahui keberadaannya.

Salah seorang pemandu wisata Goa Pindul, Bagyo mengungkapkan, sebelum hilang, Giyo memandu 15 wisatawan asal Bandung, Jawa Barat, pada pagi hari. Akan tetapi, saat 15 wisatawan keluar selesai wisata, Giyo tidak menyertai mereka. Menurut info yang Bagyo dapatkan, Giyo sempat berenang sesaat sebelum diketahui keberadaannya.

"Kami sudah menanyakan dimana (Giyo). Katanya masih di Banyumoto," kata Bagyo.

Banyumoto merupakan salah satu sumber mata air di lokasi wisata Goa Pindul. Lokasi itu berada di pintu keluar obyek wisata.

Bagyo mengungkapkan, Giyo merupakan seorang pemandu senior di lokasi wisata tersebut. Giyo menjadi pemandu wisata di jasa pemandu wisata bernama 'Dewa Bejo'. Bahkan, lanjutnya, Giyo pernah terlibat dalam pencarian dua wisatawan yang hilang di lokasi wisata tersebut.

Menurut Bagyo, pencarian telah dilakukan di pintu keluar obyek wisata Goa Pindul. Namun, bukan Giyo yang ditemukan, melainkan sebuah jaket pelampung dan alat penerangan yang berada di pinggir sungai.

"Bersama pemandu lainnya, seharusnya (Giyo) sudah keluar, namun sudah ditunggu beberapa waktu tetap tidak muncul," resah Bagyo.

Para pemandu wisata telah berkoordinasi dengan petugas SAR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, dan kepolisian, untuk melakukan pencarian.

Kepala Polsek Karangmojo, Komisaris Polisi Iriyanto, mengatakan tim SAR masih melakukan pencarian keberadaan Giyo. "Kami juga melakukan pemetaan dimana kira-kira yang bersangkutan berada," ungkap Iriyanto.


(DEN)