Semarang Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Pemukiman Terendam

Mustholih    •    Rabu, 22 Nov 2017 21:12 WIB
banjirbencana banjir
Semarang Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Pemukiman Terendam
Sejumlah anggota Basarnas Semarang meninjau lokasi pemukiman warga Semarang yang diterjang banjir bandang. Dok: Basarnas Semarang

Semarang: Sekitar seratus pemukiman warga RT 02/RW 03, Mangkang Wetan, Semarang, diterjang banjir bandang akibat tanggul Sungai Beringin jebol. Air meluap karena hujan yang turun selama enam jam di wilayah Semarang dan sekitarnya.

"Akhirnya menggenangi RW 3 dengan ketinggian satu meter," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Agus Hermunanto saat dihubungi wartawan, Semarang, Jateng, Rabu, 22 November 2017.

Namun, belum ada warga yang dievakuasi. Sungai Debit air yang tinggi juga terjadi karena mendapat banjir kiriman dari Ungaran Barat.

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat mengguyur wilayah Semarang dan sekitarnya dari sekitar pukul 12.00 hingga 18.00 WIB. Badan SAR Nasional Semarang menyatakan akibat gerusan luapan air, tanggul Sungai Beringin jebol sepanjang 10 meter pada pukul 16.30 WIB.

"Tapi mulai surut pukul 17.30 WIB," kata Humas Basarnas Semarang, Zulhawary saat dikonfirmasi terpisah.

Untuk mencegah air terus masuk ke pemukiman, BPBD Kota Semarang sudah mengirim karung tanah dan logistik untuk membuat tanggul sementara. Pembersihan lumpur akan dilakukan besok, Kamis, 23 November 2017.


(SUR)