Bandara Adisutjipto Buka Tutup Landasan

Patricia Vicka    •    Selasa, 28 Nov 2017 22:23 WIB
bencana alam
Bandara Adisutjipto Buka Tutup Landasan
Ruang tunggu Bandara Adisutjipto dipenuhi penumpang yang tak bisa terbang akibat buka tutup landasan, Selasa, 29 November 2017, MTVN - Patricia Vicka

Yogyakarta: Hujan deras mengguyur wilayah Yogyakarta sejak kemarin malam hingga Selasa pagi, 28 November 2017. Cuaca ekstrem mengakibatkan otoritas melakukan sistem buka tutup Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Kepala Humas dan Legal Bandara Adisutjipto Liza Anindya mengatakan penutupan dilakukan lantaran hujan deras mengguyur kawasan tersebut. Selain hujan, angin kencang menerjang. Landasan banjir.

Penutupan dilakukan mulai pukul 09.30. Selama 15 menit kemudian, penerbangan siap dioperasikan. Tapi, pada pukul 10.25 WIB, bandara ditutup lagi lantaran hujan deras.

"Buka tutup dilakukan karena cuaca buruk," ujar Liza di Yogyakarta.

Tujuh penerbangan pun dialihkan ke Bandara Adisoemarno Boyolali, Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Tangerang, dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

"Yang dialihkan ke Solo adalah Garuda Indonesia GA 204 rute Jakarta Yogyakarta dan Sriwijaya rute Balikpapan -Yogyakarta- Jakarta. Kalau yang dialihkan ke Semarang pesawat Air Asia AXM 346 Rute Kuala Lumpur -Yogyakarta," jelasnya.

Sedangkan penerbangan yang dialihkan ke Jakarta adalah Air Asia QZ 601 Route Kuala Lumpur - Yogyakarta, Nam air NM 236 Rute Pontianak- Yogyakarta- Palembang dan AirAsia QZ 659 rute Singapura Yogyakarta-Jakarta dan Lion Air rute Balikpapan- Yogyakarta.

Tiga pesawat yang kembali ke Bandara sebelumnya adalah Air Asia QZ7 552 Rute Jakarta Yogyakarta dan Batik Air ID7 531 rute Halim Perdanakusuma - Yogyakarta dan Batik Air ID 7368 tujuan Cengkareng - Yogyakarta. 

"Empat pesawat yang delay adalah Citilink QG9173 rute Yogyakarta - Halimperdana Kusuma, Wings Air IW1844 tujuan Yogyakarta-Surabaya, Xpress air XAR830 rute Yogyakarta - Palembang dan Silk air SLK151 rute Yogyakarta - Singapura," tuturnya.

Pada pukul 13.30 WIB, landasan kembali dibuka. Pesawat mulai diterbangkan. Tapi, otoritas tetap melakukan buka tutup sesuai dengan kondisi cuaca.

Rosi Rachmawati mengatakan ia harusnya terbang dengan Garuda Indonesia menuju Jakarta. Saat ini, ia masih menunggu penerbangan. Malah, kata Rosi, ia sempat masuk ke pesawat dan menunggu. Tapi, pesawat tak kunjung bisa terbang.

"Penumpang Wings Air harusnya terbang 9.00 WIB ke Surabaya. tapi penumpangnya naik turun ke atas pesawat dan sampai sekarang belum bisa terbang juga," tutur Rosi melalui pesan Whats App.

Ia mengakui pihak bandara sangat informatif memberikan pemberitahuan serta pihak maskapai pun memberikan snack kepada penumpang yang belum bisa terbang.



(RRN)