Bulog Jepara Siap Kucurkan Beras Cadangan

Rhobi Shani    •    Selasa, 19 Dec 2017 16:33 WIB
pangan
Bulog Jepara Siap Kucurkan Beras Cadangan
Ilustrasi beras. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Jepara: Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Jepara memiliki cadangan beras 1.980 ton. Serapan beras dari petani tahun ini menurun jika dibanding tahun lalu.

Staf Bulog Jepara Hartono menyampaikan, tahun ini Bulog Jepara menyerap beras dari petani sebanyak 11 ribu ton. Jumlah tersebut menurun 15 persen jika dibanding tahun lalu yang mendekati 13 ribu ton.

“Penurunan ini karena serangan hama. Saat ini sudah tidak lagi menyerap beras dari petani,” ujar Hartono di sela-sela kegiatan pemantauan harga beras jelang Natal dan Tahun Baru 2018 di Pasar Jepara Satu, Selasa 19 Desember 2017.

Beras yang saat ini masih disimpan digudang Bulog siap untuk dibagikan pada masyarakat. Asal, usulan mengajukan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Setiap tahun dialokasikan 100 ton beras untuk satu kabupaten.

“Untuk hal itu (menyalurkan), cadangan beras kami menunggu permintaan dari pemerintah kabupaten,” kata Hartono.

Sebanyak delapan ton stok beras di Pulau Karimunjawa mulai dibagikan kepada warga. Hal ini seiring dengan musim baratan yang mulai melanda di pertengahan Desember 2017.

Adapun, rincian beras cadangan di Karimunjawa adalah tiga ton untuk Desa Karimun, sebanyak 2,5 ton untuk Desa Kemujan, 1,5 ton untuk Desa Parang dan Desa Nyamuk satu ton.


(SUR)