Terbang dari Aceh ke Wamena, Jokowi Buktikan Indonesia Negara Besar

Pythag Kurniati    •    Minggu, 29 Oct 2017 05:00 WIB
indonesiankri
Terbang dari Aceh ke Wamena, Jokowi Buktikan Indonesia Negara Besar
Presiden Joko Widodo. ANT/ Agus Suparto

Metrotvnews.com, Solo: Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang besar. Sebagai salah satu bukti, presiden menceritakan pernah terbang dari Aceh menuju Wamena, Papua.

Dalam perjalanannya dari Aceh ke Wamena, Jokowi mengungkapkan, butuh waktu tempuh selama 9 jam lebih 15 menit. Waktu tersebut, kata dia, bukanlah waktu yang singkat. Jokowi membandingkan jarak tempuh dengan waktu tempuh serupa. 

“Jaraknya kalau dihitung dari London itu bisa sampai ke Istanbul di Turki. Sudah melalui berapa negara,” papar Jokowi saat menghadiri Musyawarah Pimpinan Paripurna (MPP) Pemuda Pancasila di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu 28 Oktober 2017 malam.

Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia adalah negara yang besar. “Kita besar, tapi kita sering enggak menyadarinya,” imbuh Jokowi.

Presiden menambahkan, Indonesia memiliki 258 juta jiwa penduduk, 17 ribu pulau, 714 suku, 516 kabupaten kota serta lebih dari 1.100 bahasa daerah. 

“Saya sampaikan ke Raja Salman, Indonesia punya 17 ribu pulau, beliau kaget,” papar mantan Gubernur DKI ini.

Negara besar seperti Indonesia, lanjut Jokowi, perlu dikelola dengan tepat dan baik. “Suku, agama, bahasa daerah. Bisa menjadi kekuatan besar jika kita bisa satu,” tandas dia.


(SCI)