Siklon Tropis Cempaka

Pantai Baron Gunungkidul Kembali Dibuka, Wisatawan Dilarang Berenang

Patricia Vicka    •    Selasa, 05 Dec 2017 14:23 WIB
tanah longsorcuaca ekstrembencana alambencana banjirsiklon tropis cempaka
Pantai Baron Gunungkidul Kembali Dibuka, Wisatawan Dilarang Berenang
Kondisi Pantai Baron saat ini. Foto: Akun Twitter SAR Baron

Yogyakarta: Pantai Baron di Gunungkidul DI Yogyakarta kembali dibuka untuk wisatawan. Namun, pelancong masih dilarang untuk berenang dan bermain air di laut serta sungai sekitar Pantai Baron.

Saat ini air laut sudah surut dan  wilayah pantai mulai kembali normal setelah sempat direndam banjir. Gelombang dan air laut masih tinggi setelah Siklon Tropis Cempaka dan Dahlia berlalu.

"Debit dan volume air di sungai Baron juga masih deras. kedalaman Sungai masih sekitar 4 meter padahal normalnya hanya 1 meter. Makanya kami imbau wisatawan jangan mandi atau berenang dulu," ujar Kordinator SAR Sanlimas II Baron Marjono melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa 6 Desember 2017.

Tim SAR telah memasang rambu di sekitar pantai. Pantai Baron dan Wediombo terdampak paling parah akibat siklon Cempaka dibandingkan pantai di Gunungkidul lainnya.

Gelombang tinggi dan badai siklon menyebabkan abrasi sejauh 40 meter dari bibir pantai dan merusak talud sepanjang 50 meter. "Abrasinya sampai buat tempat parkir kapal hilang. Tempat jualan para pedagang porak poranda. Nelayan ga bisa melaut beberapa hari kemarin," tuturnya.

Selain itu air sungai yang mengalir disekitar pantai berubah warna menjadi keruh kecoklat-coklatan. Padahal biasanya sungai berwarna bening kebiruan. Debit dan volume air sungai juga meningkat dan bertambah deras. "Kalau Wediombo ada longsor,"ucap dia.

Saat ini Pantai Baron sudah bersih kembali. Genangan Air di jalan menuju pantai Baron sudah hilang. Wisatawan sudah bisa menikmati keindahan pantai dilaut selatan ini. "Sudah ada beberapa wisatawan yang datang sejak kemarin. Semoga Akhir pekan besok sudah ramai lagi,"pungkasnya.

Nelayan di Pantai Baron pun sudah bisa kembali melaut sejak hari ini. Sementara menurut Sarjono kunjungan wisata di pantai sekitar Baron seperti Indrayanti, Krakal, Kukup sudah kembali normal sejak akhir pekan kemarin. Pantai tersebut tidak terlalu terkena dampak siklon Cempaka.
 


(SUR)