Jokowi: Perbaikan Jembatan Bonjing harus Selesai Tiga Bulan

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 09 Dec 2017 16:18 WIB
cuaca ekstremsiklon tropis cempaka
Jokowi: Perbaikan Jembatan Bonjing harus Selesai Tiga Bulan
Kondisi jembatan penghubung Kampung Bonjing yang masih putus. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Gunungkidul: Presiden Joko Widodo menginstruksikan pemulihan infrastruktur usai bencana akibat Siklon Tropis Cempaka segera dilakukan. Salah satu yang mendesak yakni perbaikan jembatan rusak di Kampung Bonjing, Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Perbaikan jembatan tersebut ditarget mulai Januari 2018 dan diminta selesai dalam waktu tiga bulan. Mengingat, jembatan tersebut jadi satu-satunya akses memiliki peran vital bagi masyarakat setempat. 

"Kita akan lihat, mana yang bisa ditangani pemerintah daerah dan mana yang mendesak perlu ditangani pusat," kata Jokowi saat memantau jembatan yang rusak di Kampung Bonjing, Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, pada Sabtu, 9 Desember 2017. 


Presiden Jokowi saat berbincang dengan Menteri PU PR Basuki Hadi Muljono. 

Jokowi mengatakan, ada sejumlah hal yang perlu mendapat penanganan. Sejumlah hal yang penting yakni infrastruktur, fasilitas pendidikan, serta bangunan rumah warga yang rusak. 

Jokowi memantau langsung kondisi jembatan rusak di jembatan Bonjing yang rusak dan mengakibatkan warga terisolasi. Ia mengatakan, jembatan tersebut berkategori kecil.

Baca: Jembatan Hanyut, Kampung Bojing Terisolasi

Namun, lanjut Jokowi, lantaran kondisi darurat dan pemerintah kabupaten tak memiliki anggaran yang cukup, pengerjaannya akan dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum (PUPR). 

"Saya ingin memastikan di lapangan, berapa yang harus dikerjakan pemerintah daerah, berapa yang harus dikerjakan pemerintah pusat," ungkapnya. 


Presiden Jokowi melambaikan tangan kepada warga Kampung Bonjing, Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terisolasi. 

Ia mengaku tak memperoleh keluhan pengungsi terdampak bencana. Namun, ia mengimbau pemerintah agar memenuhi kebutuhan dasar masyarakat jika masih ada yang mengungsi. 

"Masalah tempat tinggal, kepada BNPB harus segera dikerjakan. Menteri Pendidikan, sekolah harus segera dikerjakan mulai Jnuari. Tiga bulan harus selesai," katanya.


(ALB)