Longsor Melanda Banyumas

Antara    •    Jumat, 06 Oct 2017 12:54 WIB
longsor
Longsor Melanda Banyumas
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Purwekerto: Hujan deras yang mengguyur wilayah Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mengakibatkan bencana longsor. Meski skalanya kecil, tetapi hal itu menjadi peringatan bagi warga agar waspada, apalagi ke depan curah hujan diperkirakan bakal meningkat intensitasnya.

Sebelumnya, longsor sempat melanda Desa Jurangbahas, Kecamatan Wangon. Di lokasi setempat talud jalan longsor sepanjang 15 meter dengan ketinggian tiga meter dan membuat akses jalan tertutup. Setelah itu, longsor juga terjadi di Desa Besuki, Kecamatan Lumbir. 

"Hari ini, kami bersama dengan para relawan serta warga menyingkirkan sisa longsor terutama di Desa Besuki, Lumbir," kata Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas Ady Chandra, Jumat 6 Oktober 2017.

Menurutnya, sisa longsoran memang harus segera disingkirkan karena mengancam pemukiman. "Setidaknya ada dua rumah, satu masjid dan satu pondok pesantren yang terancam longsoran. Sehingga sisa bekas longsoran langsung disingkirkan. Apalagi, hujan diperkirakan masih akan mengguyur wilayah setempat," ujarnya.

Sekretaris Desa Besuki, Arifin, mengungkapkan kalau peristiwa longsor tersebut terjadi pada kemarin dinihari dipicu oleh hujan deras yang mengguyur wilayah setempat sejak sore hari. "Selain hujan deras, jenis tanah di sini lempung sehingga labil. Meski tidak ada korban jiwa, tetapi peristiwa ini mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan, apalagi saat sekarang baru awal musim penghujan," ¬Ěkata Arifin.


(ALB)