Uji Adrenalin di Ayunan Angkasa Kalibaya Brebes

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 07 Oct 2017 13:03 WIB
pariwisata
Uji Adrenalin di Ayunan Angkasa Kalibaya Brebes
Ayunan Pohon jadi salah satu spot paling digemari pengunjung Kalibaya, Brebes. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Pesona dan eksotisme alam pegunungan di Brebes, Jawa Tengah, tak pernah habis untuk dieksplorasi. Salah satu obyek wisata baru, Wana Wisata Kalibaya yang berada di atas Puncak Malio atau Gunung Lio, menjadi destinasi alternatif para pelancong.

Wana Wisata Kalibaya menyajikan pesona alam puncak gunung dengan pemandangan Waduk Malahayu, dengan fasilitas permainan Outbound, Gardu pandang (Panyawangan), menara pantau, ATV dan Komodo Track serta padang sabana amat memanjakan mata.

Tempat wisata dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang, dan Karang Taruna. Sejak dibuka pasca-Lebaran 2016, Kalibaya langsung menarik perhatian wisatawan. Setiap hari, ratusan wisatawan datang. Pada hari Minggu atau libur, jumlah wisatawan melonjak sampai tujuh ratusan.

Harga tiket sangat terjangkau, Rp3.000 pada hari biasa dan Rp5.000 pada hari Minggu atau libur. Aksesnya pun berada tak jauh dari jalur utama jalan raya yang menghubungkan Tanjung dan Bumiayu.

Menurut Pengelola Wana wisata Kalibaya, Widianto, pengelola wisata Puncak Gunung Malio menawarkan pesona alam yang indah. Tidak kalah menarik, Ayunan Angkasa, nan memacu adrenalin.

"Ayunan angkasa merupakan wahana favorit. pengunjung Kalibaya. Butuh keberanian, karena pengujung berayun tidak seperti di ayunan biasa ," katanya Sabtu, 7 Oktober 2017.


Ayunan Pohon jadi salah satu spot paling digemari pengunjung Kalibaya, Brebes. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi

Atraksi ayunan angkasa ini merupakan permainan yang terbuat dari tali tambang yang tebal dan diikatkan pada sebatang pohon. Sebelum diayun, petugas yang ada di sana akan membantu para pengunjung memastikan semua perlengkapan keamanannya sudah siap.

Setelah itu, badan penguji nyali akan diayun. Sensasinya sedang terbang ke angkasa bakal dirasakan. Dijamin mereka yang mencoba akan teriak sekencang-kencangnya ketika ayunan sudah bergerak menjauhi lereng bukit.

Selain ayunan angkasa, di Kalibaya Park juga tersedia atraksi offroad, motor rally, ATV dan berkuda. Jangan khawatir, jika anda bukan penggemar aktivitas yang menantang adrenalin. Anda bisa mengabadikan gambar atau berswafoto sepuasnya di rumah pohon dan gardu pandang.

 Eko, salah satu pengunjung menjelaskan dirinya merasa senang berwisata di Kalibaya. Karena banyak spot yang menantang. Sayangnya, akses untuk menuju ke wisata ini masih terbilang agak sulit. Karena angkutan umum yang melintasi daerah ini hanya satu kali dalam sehari.

“Saya suka menelurusi trek ATV, karena medannya cukup menantang. Besok saya kembali bersama keluarga,” katanya.


(SUR)