Permohonan SKCK di Semarang Meningkat 100%

Budi Arista Romadhoni    •    Rabu, 03 Jan 2018 10:37 WIB
pencari kerja
Permohonan SKCK di Semarang Meningkat 100%
Antrean pemohon SKCK di Mapolres Semarang, Jawa Tengah -- medcom.id/Budi Arista Romadhoni

Semarang: Pencari kerja di Semarang, Jawa Tengah, mengelamai peningkatan hingga lebih dari 100 persen di awal 2018. Terbukti pencari Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang biasa dijadikan syarat melamar kerja mengalami peningkatan.

"Antrean mulai terjadi sejak 20 Desember 2017. Biasanya sehari kami menerbitkan 100 SKCK, kini sampai 250 SKCK," kata Kasat Intelkam Polrestabes Semarang AKBP Ventie Bernard Musak, Rabu, 3 Januari 2017.

Ventie menjelaskan, para pencari SKCK ada yang lulusan SMA, sarjana, pegawai, dan calon pengemudi ojek online. "Umurnya ada yang muda, ada juga yang tua. Mskipun terjadi antrean, kami tetap melakukan pelayanan seperti biasa" tambahnya.

Anggie Dwi, warga Semarang Selatan, mengaku sudah dua hari berturut-turut mendatangi Mapolres Semarang. "Kemarin saya sudah ke sini, karena nomor antrean habis disuruh pulang sama petugas," ujarnya.

Gadis 19 tahun itu rela mengantre mendapatkan SKCK sebagai syarat melamar kerja di sebuah pabrik di wilayahnya. "Mumpung banyak lowongan," tutupnya.


(NIN)