Jemaah Calon Haji Korban Kecelakaan Lanjutkan Perjalanan ke Boyolali

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 12 Aug 2017 12:04 WIB
kecelakaan lalu lintashaji 2017
Jemaah Calon Haji Korban Kecelakaan Lanjutkan Perjalanan ke Boyolali
Ratusan calon haji asal Brebes kembali berangkat menggunakan Bus Blue Star ke Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, MTVN - Kuntoro

Metrotvnews.com, Brebes: Tak ada korban dalam kecelakaan empat bus yang mengangkut jemaah haji asal Brebes, Jawa Tengah. Mereka pun dapat melanjutkan perjalanan menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Kecelakaan empat bus (diberita sebelumnya ditulis tiga bus) terjadi pada Sabtu pagi 12 Agustus 2017. Empat bus mengangkut calon haji asal Brebes.

Tabrakan beruntun terjadi di dalam perjalanan dari arah Brebes menuju Boyolali. Bus penyok dan kaca pecah. Namun tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.

Baca: Tiga Bus Calon Haji asal Brebes Kecelakaan

"Kami sudah mengganti armada bus yang rusak dengan armada bis Blue Star dari Boyolali untuk membawa jemaah ke asrama," kata Kepala Kementerian Agama Brebes, Imam Hidayat.

Imam menjelaskan sedianya 9 bus mengangkut calon haji dari Brebes. Jemaah termasuk dalam kloter 52 yang terbang dari Boyolali menuju Arab Saudi. Masing-masing bus mengangkut 40 calon haji.

Bus berjalan berurutan. Saat melintasi Jalan Raya Salatiga-Solo, sebagian penumpang menghendaki bus berhenti. Mereka hendak ke kamar kecil.

Kemudian petugas mengarahkan bus ke SPBU di Dusun Butuh Tengaran, Kecamatan Tengaran. Bus nomor 6 pun berkelok.

Namun sopir bus di belakang tak sempat mengerem. Akibatnya bus nomor 6, 7, 8, dan 9 bertabrakan.

"Bus yang ada di belakang tidak siap mengerem karena jarak sudah dekat, sehingga terjadi kecelakaan," lanjut Imam.

Sementara itu, bus nomor 1, 2, 3, 4, dan 5 tetap melanjutkan perjalanan menuju Boyolali.


(RRN)