1 Juta Pemilih di Jateng Belum Rekam E-KTP

Supardji Rasban    •    Selasa, 26 Sep 2017 17:41 WIB
pilgub jateng 2018
1 Juta Pemilih di Jateng Belum Rekam E-KTP
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Semarang: Sebanyak 1 juta pemilih di Jawa Tengah hingga saat ini belum menyelesaikan proses rekam Kartu Tanda Penduduk Elektrotnik (KTP-el). Padahal, KTP-el, menjadi syarat mencoblos di Pilkada Jateng 2018.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, pihaknya saat ini masih terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) seluruh kabupaten dan kota.

"Kami berharap proses rekam KTP-el bisa rampung pada Februari. Oleh karena itu kami mengimbau agar KPU di kabupaten dan kota untuk terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di masing-masing wilayah," kata Joko, usai peluncuran tahapan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Tegal, Selasa  26 September 2017.

Terkait dengan penetapan penetapan daftar pemilih, Joko menjelaskan, pada Oktober, pihaknya akan melakukan rekrutmen badan penyelenggara Pemilu, kebetulan bersamaan dengan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, pendaftaran partai politik mulai 3 Februari, sementara rekrutmem PPK PPS mulai 12 Feberuari jadi berimpitan. Sedangkan untuk pencalonan, awal Desember buka penerimaan syarat dukungan calon perorangan.

Joko bilang, bagi calon yang memenuhi syarat, bisa ikut mendaftar bersama partai politik pada minggu pertama Januari. "Insyaallah 12 Februari pasangan calon sudah bisa ditetapkan dan tiga hari kemudian kampanye sampai dengan menjelang pemungutan suara 27 Juni," terangnya.

Pilkada Jawa Tengah, akan diikuti tujuh kabupaten dan Kota dan satu Pemilihan Gubernur. Ketujuh kabupaten dan kota yang akan menggelar Pilkada yakni Karangnyar, Temangggung, Magelang, Banyumas, Tegal, Magelang dan Kudus.



(ALB)