5.000 Visa Calon Haji Jateng-DIY Belum Terbit

Pythag Kurniati    •    Rabu, 26 Jul 2017 13:19 WIB
haji 2017
5.000 Visa Calon Haji Jateng-DIY Belum Terbit
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Visa jemaah calon haji wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum sepenuhnya rampung. Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jawa Tengah, Farhani.

"Memang belum semua visa rampung," ungkap Farhani usai menghadiri sarasehan pencegahan radikalisme berbasis agama, di Kota Solo, Rabu, 26 Juli 2017.

Tahun ini, ada 34.141 calon haji dari Jateng-DIY. Rinciannya, 30.225 jemaah dari Jateng dan sisanya dari DIY. Mereka akan diberangkatkan melalui embarkasi haji Donohududan, Boyolali. 

"Dari total jumlah tersebut ada 5 ribu visa calon haji yang belum rampung," terang Farhani.

Belum rampungnya visa disebabkan karena antrean. Tapi, ia memastikan 5 ribu visa tersebut merupakan visa calon jemaah haji yang berangkat pada kelompok-kelompok terbang akhir. Visa dipastikan selesai sebelum calon haji berangkat ke Tanah Suci.

"Jadi tidak akan mengganggu jadwal keberangkatan. Kalau untuk kloter-kloter awal semua visanya sudah jadi," kata dia.

Farhani menuturkan tahun ini 34.141 calon haji Jateng DIY diberangkatkan melalui 95 kloter. Kloter pertama mulai masuk ke asrama haji Donohudan, Boyolali pada 27 Juli 2017.

"Mereka diberangkatkan 28 Juli 2017. Direncanakan yang melepas adalah Menko PMK Puan Maharani," urai dia. Kloter terakhir (kloter 95) akan diberangkatkan pada 26 Agustus 2017.

Dari sisi sarana prasarana (asrama) dan petugas, Fahrani mengklaim semuanya telah dipersiapkan menyambut calon jemaah haji. Peninjauan ke asrama haji Donohudan, Boyolali pun telah dilakukan.

"Mulai dari AC, tempat tidur, keran, semuanya sudah dicek dan siap," imbuhnya.

Sedangkan dari sisi petugas, ia mengatakan sebanyak 264 Satgas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji telah dikukuhkan. "Mereka semua siap bertugas dengan sebaik-baiknya," pungkas Farhani.


(SAN)