Warga Banyumas Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Haifa Salsabila    •    Kamis, 23 Nov 2017 01:09 WIB
cuaca ekstrim
Warga Banyumas Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem
Ilustrasi. MTVN/Mohammad Rizal

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya cuaca ekstrim di wilayah Banyumas, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Masyarakat di wilayah itu diimbau waspada. 

“Berdasarkan prakiraan cuaca, ada potensi hujan hingga Kamis 23 November di Banyumas, Purbalingga, Brebes, Banjarnegara, Kebumen, dan Cilacap,” ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, seperti dilansir Antara, Rabu 22 November 2017.

Ia mengatakan, potensi hujan akan semakin besar pada siang hingga malam hari. Oleh karena itu, BMKG terus mengimbau masyarakat agar waspada. Jika intensitas hujan terus melebat dalam periode yang cukup lama, lanjutnya, akan ada potensi terjadinya bencana longsor, banjir, dan pohon tumbang. 

Ia juga menjelaskan, hangatnya suhu muka laut, melemahnya angin Timuran, dan menguatnya angin Baratan ikut mempengaruhi curah hujan di wilayah Jawa Tengah. “Hal tersebut mengakibatkan potensi pertumbuhan awan masih signifikan,” sambung Setyoadjie.

Menurut Setyoadjie , prakiraan sifat hujan di Jawa Tengah pada November 2017 umumnya normal dengan potensi curah hujan tinggi, yakni 151 hingga 300 milimeter (mm).  "Terutama meliputi Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, Purworejo, dan Cilacap,” tutupnya. 


(AGA)