RS Kariadi Semarang Rawat Dua Pasien Penderita Difteri

Mustholih    •    Rabu, 13 Dec 2017 15:04 WIB
klb difteri
RS Kariadi Semarang Rawat Dua Pasien Penderita Difteri
Ilustrasi. ANTARA FOTO

Semarang: Rumah Sakit Umum Pemerintah Dokter Kariadi, Semarang, menerima dua pasien yang dinyatakan menderita sakit difteri. Mereka saat ini sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Dokter Kariadi.

"Dua penderita masih dirawat di Kariadi. Mereka dalam kondisi membaik," kata Humas RS Kariadi, Pranata, saat dihubungi Medcom.id, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 13 Desember 2017.

Menurut Pranata, dua pasien penderita difteri itu masuk Kariadi sejak 11 Desember 2017. Satu pasien berjenis kelamin perempuan, 6, berasal dari Banyuputih, Batang; sedangkan satu lagi berkelamin laki-laki, usia 15 tahun, dan berasal dari Mranggen, Demak. 

"Siapa nama mereka tidak boleh diberitahukan dengan alasan privasi," ujar Pranata menegaskan.

Belum diketahui sampai kapan ke dua pasien itu dirawat di RS Kariadi. Pranata menyatakan difteri yang diderita mereka masuk kategori ringan. "Menurut dokter tergolong ringan. Berapa hari dirawat, tergantung perkembangan medisnya," jelas Pranata.

Pranata menambahkan biaya perawatan mereka ditanggung masing-masing pasien. "Kariadi yang merawat, biaya tergantung dari pasien. Mereka dirawat dengan jaminan (PBJS)," tegas Pranata.


(ALB)