Jokowi Yakin Indonesia Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

Mustholih    •    Senin, 09 Oct 2017 15:03 WIB
presiden jokowi
Jokowi Yakin Indonesia Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia
Presiden Joko Widodo -- ANT/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Semarang: Presiden Joko Widodo berbicara terkait potensi Indonesia dibandingkan dengan dua negara adikuasa, yaitu Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok. Ia yakin, Indonesia bakal menjadi salah satu negara dengan pertumbuan ekonomi terkuat di dunia.

"Pada saat itu, income per kapita kita USD29 ribu dan kita menjadi empat besar ekonomi terkuat di dunia. Tiongkok, India, Amerika, dan kita," kata Jokowi saat membuka Apel Kepala Satuan Wilayah Polri se-Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, Senin 9 Oktober 2018.

Menurut Jokowi, masa keemasan Indonesia diperkirakan terwujud pada 2045. "Hitung-hitungan kita sendiri, hitung-hitungan dari World Bank mengatakan, bahwa pada 2045 Indonesia akan masuk pada era Indonesia Emas," lanjutnya.

Namun, kata Jokowi, masa depan cerah itu baru bisa terwujud jika Indonesia mampu menjaga stabilitas politik, ekonomi, dan keamanan seperti sekarang ini. Tanpa stabilitas, tidak mungkin zaman keemasan Indonesia terwujud.

"Kalau stabilitas keamanan dan politik terus kita jaga, pertumbuhan ekonomi seperti yang kita rasakan sekarang ini, harga komoditas mulai naik, ekonomi global mulai normal, apa yang sudah dihitung betul-betul kejadian," jelas Jokowi.

Saat ini, lanjut Jokowi, pemerintah punya tugas besar untuk merencanakan dan menyiapkan tindakan-tindakan kongkrit menuju Indonesia Emas. "Untuk menuju ke sana perlu catatan-catatan yang perlu kita benahi," jelas Jokowi.


(NIN)