ASN Gunungkidul Patungan Salurkan Hewan Kurban

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 31 Aug 2017 18:39 WIB
idul adha
ASN Gunungkidul Patungan Salurkan Hewan Kurban
Petugas memeriksa kesehatan hewan kurban di Wonosobo, MI - Tosiani

Metrotvnews.com, Sleman: Aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengumpulkan iuran untuk melakukan ibadah kurban di Hari Raya Iduladha 1439 Hijriah. Dalam iuran itu, para ASN di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) iuran untuk membeli 22 ekor kambing. 

"Hasil iuran ada 22 ekor kambing untuk kurban di hari raya iduladha," kata Kepala Sub Bagian KesejahteraN Sosial dam Pemberdayaan Masyarakat, Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul, Suyono saat dihubungi pada Kamis 31 Agustus 2017. 

Suyono menuturkan 22 ekor hewan kurban telah disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan. Suyono mengatakan ada 13 kecamatan yang mengajukan bantuan hewan kurban. 

Dari total 18 kecamatan, hanya lima kecamatan yang tidak mengajukan bantuan hewan. "Yakni kecamatan Karangmojo, Panggang, Patuk, Ponjong, dan Tepus," katanya. 

Suyono menjelaskan iuran para ASN OPD dilakukan baru tahun ini. Menurutnya, pemerintah daerah tak diizinkan memberikan bantuan hibah ke masyarakat tanpa dasar hukum. Hal ini mengacu pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dengan adanya aturan itu, otomatis Pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga tidak menganggarkan dana untuk kurban dari APBD. 

Ketua Penitia Hari Besar Islam Kabupaten Gunungkidul, Islanto meminta masyarakat jika hendak berkurban harus memperhatikan kesesuaian dengan syariat. Salah satunya yakni pemilihan hewan kurban tak boleh sembarangan. 

"Hewan untuk kurban harus sehat, tidak cacat, dan berkelamin jantan. Kami masih lakukan pendataan jumlah hewan kurban tahun ini," katanya. 


(RRN)