Bocah 2 Tahun Tewas Tenggelam di Saluran Irigasi di Pekalongan

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 18 Sep 2016 22:31 WIB
korban tenggelam
Bocah 2 Tahun Tewas Tenggelam di Saluran Irigasi di Pekalongan
Lokasi penemuan jasad Mohamad Adnan Khaerul Azam di Desa Pait, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. (Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Mohamad Adnan Khaerul Azam, berusia 2 tahun, ditemukan tewas di pintu air irigasi di belakang rumah di Dukuh Pait, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu sore 17 September. Putra pasangan Nurdin, 35, dan Ella, 32, itu terjatuh ke saluran irigasi saat berjalan menuju rumah neneknya.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Pekalongan AKP Aries Tri Hartanto mengatakan, peristiwa itu diketahui sejumlah anak saat bermain di dekat saluran irigasi. Mereka melihat ada yang tersangkut di pintu air. Setelah diperiksa ternyata jasad balita laki-laki.
 
"Setelah anak-anak tersebut meminta pertolongan kepada warga sekitar, warga datang untuk menolong. Namun sudah dalam keadaan meninggal dunia," kata AKP Aries Tri Hartanto saat dihubungi wartawan, Minggu (18/9/2016).

Orangtua korban mengaku lalai. Saat anaknya hendak ke rumah nenek, ibu korban tengah mencuci pakaian. 
 
"Saluran irigasi itu sendiri bersebelahan dengan rumah korban dan pada saat kejadian memang arusnya agak deras karena hujan sejak malam sebelumnya. Hasil pemeriksaan tim medis, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban," kata dia.

Data Polres Pekalongan, peristiwa serupa kerap terjadi di aliran irigasi maupun sungai di Pekalongan. Faktor utama kecelakaan yang menewaskan balita dan anak-anak itu adalah mereka bermain tanpa pengawasan orangtua.


(TTD)