Jumlah DPT Pemilu di Semarang Berkurang

Mustholih    •    Rabu, 12 Sep 2018 15:51 WIB
pemilu
Jumlah DPT Pemilu di Semarang Berkurang
Ilustrasi Pemilu, Medcom.id - M Rizal

Semarang: Sebanyak 1.472 pemilih di Kota Semarang, Jawa Tengah, dicoret dari daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum 2019. Langkah itu diambil setelah Badan Pengawas Pemilu Kota Semarang menggelar rapat pleno dengan Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang soal DPT perbaikan.

"Setelah dilakukan pencermatan dan verifikasi di lapangan dengan mendatangi pemilih yang diidentifikasi ganda, rapat pleno memutuskan sebanyak 1.472 pemilih dicoret dari DPT," kata anggota Komisioner Bawaslu kota Semarang, Oky Pitoyo Leksono, Semarang, Jawa Tengah, Rabu 12 September 2018.

Walhasil, kata Oky, keseluruhan DPT di Kota Semarang yang semula ditetapkan berjumlah 1.134.279 pemilih kini berkurang menjadi 1.132.807 pemilih. "Proses pencermatan ganda ini sangat singkat namun karena komunikasi dan sinergi yang baik antara KPU dan Bawaslu, maka proses ini berjalan maksimal dan diyakini valid," tegas Oky.

Sebelumnya, Bawaslu Kota Semarang menemukan 2.830 pemilih yang masuk dalam DPT Kota Semarang yang diduga memiliki identitas ganda. Mereka memiliki NIK, nama, dan tempat tanggal lahir ganda di Kota Semarang.

Namun, setelah dilakukan rapat pleno, KPU Kota Semarang akhirnya mencoret kurang lebih setengah dari ribuan DPT ganda yang dilaporkan Bawaslu. Menurut Oky, setelah KPU merevisi jumlah DPT, Bawaslu Kota Semarang kini akan melakukan pengawasan pemilih yang tidak memenuhi syarat. "Kita akan cek para pemilih yamg pindah domisili, meninggal, TNI dan Polri. Akan segera direkomendasikan ke KPU setelah semua data telah siap," tegas Oky.



(RRN)