JKN-KIS Indonesia jadi Episentrum Dunia

Patricia Vicka    •    Kamis, 02 Mar 2017 10:40 WIB
bpjs kesehatan
JKN-KIS Indonesia jadi Episentrum Dunia
Penandatanganan MoU oleh Direktur Hukum, Komunikasi dan HAL BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi (kiri) dan Ketua JLN Core Group Indonesia Ali Ghufron Mukti (kanan) di Hotel Eastparc Yogyakarta, Kamis, 2 Maret 2017, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan diklaim jadi episentrum baru di ranah jaminan kesehatan dunia. Pasalnya, pada usianya yang baru empat tahun, progam ini telah meng-cover 70 persen penduduk Indonesia. 

Demikian disampaikan Bayu Wahyudi, selaku Direktur Hukum, Komunikasi dan HAL Badan Penyelenggara Jaminan Nasional (BPJS) Kesehatan di Yogyakarta, Kamis, 2 Maret 2017.

Bayu berada di Yogya untuk membuka Seminar Current Update of Primary Care Development: Lesson Learned Accross Countries. Seminar diikuti perwakilan dari 11 negara (Ghana, Indonesia, India, Kenya, Malaysia, Mali, Mongolia, Maroko, Nigeria, Pakistan, dan Vietnam).

"Negara lain butuh waktu lama untuk mencapai universal health coverage (UHC) Korea Selatan, misalnya, butuh waktu 26 tahun, Jerman 127 tahun, Belgia 118 tahun," ujar Bayu.

Hingga 24 Februari 2017, jumlah peserta JKN-KIS telah menyentuh 174.757.722 jiwa. Program JKN-KIS dimulai sejak 1 Januari 2014.

Hal ini, timpal Ali Ghufron Mukti, selaku Ketua Joint Learning Network Country (JLN) Core Group Indonesia, menjadikan UHC Indonesia cukup bagus. Bahkan, posisi Indonesia satu tingkat di bawah Thailand di ASEAN.

Pada kesempatan tersebut, turut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman BPJS Kesehatan dan JLN. Ada empat poin dalam MoU. 

Pertama, Berbagi keahlian, informasi, dan pengalaman di bidang asuransi kesehatan sosial. Kedua, pendidikan dan pelatihan dalam bidang asuransi kesehatan. Ketiga, penelitian bersama. Keempat, seminar bersama, konsultasi dan publikasi, terakhir fasilitasi hubungan kelembagaan dengan negara-negara anggota JLN. 



(RRN)