Kemenhub Didesak Segera Lanjut Proyek Terminal Tirtonadi

Pythag Kurniati    •    Senin, 17 Oct 2016 12:21 WIB
terminal bus
Kemenhub Didesak Segera Lanjut Proyek Terminal Tirtonadi
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (kanan), Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) dan Kepalada Dishubkominfo Solo Yosca Herman Sudrajat saat di Sky Brige penghubung Tirtonadi-Solo Balapan. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo mendesak Kementerian Perhubungan segera meneruskan proyek pembangunan pusat perbelanjaan di lantai atas Terminal Bus Tirtonadi. Proses lelang ulang harus segera dilakukan agar proyek tidak berhenti di tengah jalan.

"Jika tidak segera dibangun, khawatir cor-coran bangunan rusak," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Solo Yosca Herman Sudrajat, Senin (17/10/2016).

Yosca menyerahkan sepenuhnya proses lanjutan proyek pengembangan itu ke kementerian yang dipimpin Budi Karya Sumadi itu. Sebab, aset tanah dan bangunan terminal itu telah diambil alih Kemenhub. 

Sebelum kepemilikan aset berpindah tangan, Pemkot Solo pernah melelang proyek ini kepada investor. Karena aset bukan lagi milik pemkot, harus ada lelang ulang. "Lelang ini mendesak dilakukan agar bisa cepat dikerjakan," katanya.

Terminal Tirtonadi dibangun ulang dengan konsep kawasan terpadu. Di lantai atas dibangun pusat perbelanjaan selain juga gedung parkir. Namun, rencana itu belum bisa terealisasi lantaran proyek berhenti setelah pelimpahan aset.

Terminal Tirtonadi juga bakal terhubung dengan Stasiun Solo Balapan melalui jembatan (sky bridge). Proyek jembatan sepanjang 360 meter dan lebar tiga meter ditarget rampung akhir tahun ini.


(SAN)