ASN Pekalongan Pengunggah Foto Syur Dipecat

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 17 Oct 2016 16:37 WIB
pemda
ASN Pekalongan Pengunggah Foto Syur Dipecat
Foto ilustrasi: Bupati Aship Kalibi memberikan penghargaan pada ASN di lingkungan Pemkab Pekalongan, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menjatuhkan sanksi pemecatan dengan tidak hormat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial WD, yang foto telanjangnya beredar luas di media sosial.

Bupati Pekalongan Aship Kholbihi, menegaskan, keputusan pemecatan sudah melalui berbagai pertimbangan. Pemecatan juga sesuai dengan Perda 53/2010 tentang Disiplin ASN.

Baca: Foto Syur ASN Pekalongan Gegerkan Warga

"Sanksi yang diberikan ini juga sebagai peringatan kepada ASN lain, agar bisa lebih disiplin dan menjaga nama baik instansinya," katanya, seusai menggelar apel akbar ASN di Alun-alun Kajen, Senin (17/10/2016).

Aship mengklaim pelanggaran disiplin berat ini sudah melalui mekanisme di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pekalongan, melalui perdebatan seru dan kajian yuridis yang sudah sempurna. Pihaknya sebagai Bupati Pekalongan harus mengambil langkah.

“Jadi sekali lagi, ini warning bagi para ASN. Kami tidak segan-segan menjatuhkan hukuman paling berat, tetapi kami berharap ini tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Namun demikian, Aship mengaku prihatin, karena selain pemecatan dengan tidak hormat terhadap oknum ASN berinisial WD, selama 2016 di Pemkab Pekalongan telah menjatuhkan sanksi hukuman disiplin ringan hingga berat kepada 15 orang ASN.

Rinciannya, hukuman disiplin ringan dan sedang masing-masing lima ASN. Lalu empat orang mendapat sanksi disiplin berat dan satu orang diberhentikan tidak hormat.


(SAN)