BPBD DIY Tambah Alat Deteksi Bencana

Patricia Vicka    •    Jumat, 18 Nov 2016 13:13 WIB
longsor
BPBD DIY Tambah Alat Deteksi Bencana
Ilustrasi pemasangan alat deteksi longsor. (Ant/Destyan Sujarwoko)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY akan menambah 60 alat peringatan dini (early warning system/EWS) di tahun 2017. Alat itu akan disebar ke seluruh daerah rawan longsor dan sekitar aliran sungai.

Kepala BPBD Daerah Istimewa Yogakarta Krido Suprayitno mengatakan EWS dipasang pada titik-titik peta bencana dan juga titik daerah bencana baru.

Selain itu, pihaknya tengah menginventarisasi dan memeriksa EWS yang telah terpasang sebelumnya. "Dicek ada yang rusak atau enggak. Karena alatnya ada yang sudah lama dipasang. Ada juga yang bentuknya rapuh gampang rusak," katanya, di Yogyakarta, Jumat (18/11/2016).

Baca: Tiap Hari Ada Gempa di Yogya

EWS rusak, kata dia, bakal diganti baru untuk kesiapsiagaan bencana. BPBD juga telah membentuk Posko Kesiapsiagaan cuaca ekstrem di Kantor BPBD DIY.

Ia mengimbau masyarakat yang tinggal dihulu sungai Merapi, bantaran sungai perkotaan dan di bawah perbukitan waspada pada tanda-tanda alam yang  muncul.

"Harus perhatikan dan cari informasi dari BMKG soal curah hujan. Terutama bulan Januari dan Februari yang diprediksi jadi puncak musim hujan," katanya.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika DIY, seminggu ke depan wilayah Yogyakarta berpotensi hujan lebat dengan curah hujan diatas 50 mm per hari disertai petir dan angin kencang dengan kecepatan diatas 45 km/jam.

Koordinator Prakirawan Cuaca BMKG DIY Joko Budiono bilang, wilayah yang berpotensi hujan lebat di Sleman meliputi Kecamatan Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Ngaglik, Ngemplak, kalasan, Depok, Berbah, dan Prambanan.

Di Kulon Progo, ada di Kecamatan Samigaluh, Kalibawang, Kokap, Girimulyo, Temon, Wates, Panjatan dan Galur Lendah. Sementara di Kabupaten Bantul, ada di Pandak, Srandakan, Sanden, Kretek, Bambanglipuro.

"Kalau Gunungkidul, Kota Yogya dan wilayah lain diprediksi hujan sedang. Tinggi gelombang laut di pantai selatan 2,5-4 meter," tutupnya.


(SAN)