BPBD DIY Siapkan Rp200 Juta Antisipasi Bencana Akhir Tahun

Patricia Vicka    •    Kamis, 23 Nov 2017 19:19 WIB
tanah longsorcuaca ekstrembencana alambencana banjir
BPBD DIY Siapkan Rp200 Juta Antisipasi Bencana Akhir Tahun
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyiapkan anggaran sebesar Rp200 juta untuk mengantisipasi bencana akhir tahun. Selain anggaran internal, BPBD turut akan berkordinasi dengan Dinas-dinas lainnya untuk mengatasi kemungkinan bencana yang timbul.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno mengatakan dana tersebut dirasa cukup untuk memberi penanganan darurat usai bencana terjadi. Sementara penanganan jangka sedang dan panjang akan menggunakan dana SKPD lain sesuai dengan tugasnya.

Misalnya, untuk perbaikan talud bisa menggunakan anggaran Dinas PU atau Balai  Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) DIY. "Kalau masih kurang kami bisa minta bantuan ke BNPB pusat,"  Krido melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Kamis 23 November 2017.

Ia memprediksi kejadian angin puting beliuang dan angin kencang akan timbul lebih sering tahun ini. Daerah yang paling banyak diterjang angin kencang dan puting beliung adalah Kabupaten Sleman.

Selama bulan Oktober-November telah terjadi puluhan bencana di seluruh wilayah DIY. Sebagian besar adalah angin kencang. "Tahun 2016 dibulan Oktober dan November, bencana didominasi longsor. Tapi kalau tahun ini sebagian besar angin puting beliung," jelas dia.

Akibat angin kencang, sejumlah rumah dan infrastruktur jalan rusak karena tertimpa pohon yang tumbang.  Jalanan penghubung antar desa juga banyak yang tertutup pohon dan tanah longsor. Tebing  pinggir sungai dipedesaan juga banyak rusak akibat tanah longsor.

Kerugian yang ditimbulkan akibat bencana di seluruh DIY ditaksir mencapai Rp900 juta. "Itu kerugian dari berbagai bencana. Cukup tinggi karena bencana kemarin banyak merusak dan menghalangi infrastruktur. Kami butuh banyak dana misalnya untuk menyingkirkan pohon tumbang atau tanah yang menutupi jalan," jelasnya.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Samsu menjelasakan BPBD telah mempersiapkan ribuan relawan siaga bencaan serta peralatan untuk menyingkirkan pohon tumbang atau tanah longsor. "Kesiapan peralatan seperti pacul, angkong, sekop panjang, gergaji mesin dan alat eskavasi," jelasnya.

 


(SUR)