Diskominfo Kendal Terima 239 Pengaduan Warga

Iswahyudi    •    Kamis, 05 Oct 2017 17:05 WIB
pemda
Diskominfo Kendal Terima 239 Pengaduan Warga
Jalan rusak yang belum tersentuh pembangunan oleh Pemkab Kendal -- MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (UP4) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendal sudah menerima 239 pengaduan dari masyarakat. Padahal, unit tersebut baru diluncurkan pada 28 Juli 2017.

Kepala Diskominfo Kendal Muryono menjelaskan, sebagian besar aduan berupa infrastruktur jalan. Rinciannya, yaitu 80 pengaduan terkait infrastruktur jalan, 65 soal pelayanan publik, 25 tentang lampu penerangan jalan umum (LPJU), 25 pengaduan parkir liar, 10 terkait penertiban pedagang kaki lima (PKL), 10 keluhan miras, empat pengaduan tentang pajak bumi dan bangunan, 10 pengaduan dugaan pungli pendidikan, dan 10 aduan perijinan galian C.

"Semua aduan tersebut kami sampaikan ke OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, supaya segera mendapat jawaban dan penanganan. Dari semua laporan yang masuk, saat ini hanya menyisakan sembilan laporan yang masih menunggu jawaban," kata Muryono di Kendal, Jawa Tengah, Kamis 5 Oktober 2017.

Selain itu, pihaknya juga sudah menerjunkan 15 tenaga pendamping sehingga masyarakat pedesaan bisa mengadu secara cepat.

Kasubag Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik Organisasi Setda Lilik Hamzah menambahkan, masyarakat akan merasa puas jika aduannya cepat direspon. Ia berharap, semua OPD aktif mencipatakan pelayanan prima.

"Semua OPD segera menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan dan disampaikan ke masyarakat. Targetnya, 2017 ini semua OPD harus sudah membuat SOP. Sekarang sudah 70 persen OPD menyusun SOP," pungkas Lilik.


(NIN)