Libur Tahun Baru 2018

Arus Balik Brexit Lancar, Waspadai Lonjakan di Cikarang Utama

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 01 Jan 2018 17:41 WIB
tahun baru
Arus Balik Brexit Lancar, Waspadai Lonjakan di Cikarang Utama
Kondisi lalulintas arus balik liburan natal dan tahun baru di pintu tol Brebes Timur. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Brebes: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan hari ini tidak ada lonjakan kendaraan arus balik di Jalur Lintas Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah. Hal itu mendasari pantauanya bersama dinas terkait sejak Minggu, 31 Desember 2017 lalu.

"Tadi kami pantau dari Semarang arah Batang, Tegal dan Brebes relatif landai. Jadi bisa disimpulkan hingga nanti sore tidak ada lonjakan yang berarti," kata Budi, Senin, 1 Januari 2018, di Pintu Tol Brebes Timur (Brexit).

Ia mengidentifikasi, lonjakan akan terjadi di Pintu Tol Cikarang Utama malam ini. Karena ada beberapa kendaraan dari Bandung yang masih belum banyak melintas.

Hingga saat ini, 13 ribu kendaraan melintas di Tol Pejagan-Brebes, dan 70 persennya menuju ke Jakarta.  Diprediksi masih ada 30 ribu kendaraan yang masih belum masuk menuju Jakarta.

Kapolres Brebes AKBP Sugiarto mengatakan situasi arus balik ke Jakarta sudah terasa sejak Jumat, 29 Desember 2017. Pagi ini, mulai pukul 06.00-12.00 WIB, arus kendaraan naik 69 persen dari hari biasa. Baik dari Pintu Tol Brexit maupun Pejagan.

"Dari jalur  selatan siang hari ini terpantau ramai lancar. Namun diprediksi hingga nanti malam akan terjadi lonjakan arus," ungkapnya.

Sugiarto mengaku sudah bekerja sama dengan Polres Tegal untuk melakukan sistem penarikan arus kendaraan menuju ke Brebes Barat jika terjadi lonjakan dari arah selatan. Dia mengakui pintu tol menjadi kendala.

"Karena pengemudi harus menempelkan kan kartu tol sendiri yang terbatas hanya tiga gardu. Diharapkan pihak Tol menyediakan petugas untuk membantu di saat arus kendaraan di pintu tol padat," pungkasnya.

 


(SUR)