Warga Jepara Diajak Gali Potensi Pangan Non Beras

Rhobi Shani    •    Selasa, 14 Nov 2017 20:11 WIB
pangan
Warga Jepara Diajak Gali Potensi Pangan Non Beras
Istri Bupati Jepara, Chuzaemah Ahmad Marzuqi, mencicipi makanan peserta lomba Cipta Menu. Foto: Metrotvnews.com/Rhobi Shani

Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengembangkan potensi sumber karbohidrat non beras berbasis panganan lokal. Warga pun diajak menggali kenikmatan dan manfaat beragam pangan non beras seperti jagung, sagu dan ketela lewat kompetisi.

Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) merupakan kompetisi yang sengaja digelar untuk menciptakan beragam menu pangan alternatif yang mengenyangkan.

"Saat ini potensi bahan pangan lokal masih dipandang sebelah mata, kurang perhatian serta kurang diberdayakan. Padahal dengan sentuhan kreatifitas bisa diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi," ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jepara Chuzaemah Ahmad Marzuqi, Selasa 14 November 2017.

Istri Bupati Jepara berharap kegiatan ini juga memancing pengetahuan tentang gizi yang seimbang utamanya dalam keluarga. Sebab bahan makanan seperti sagu, ketela, dan jagung ketika dipadukan dengan bahan lain juga mampu menjadi masakan yang lezat dan berkualitas.
 
“Kalau dilihat, hasil Cipta Menu ini mirip sperti menu hotel berbintang” kata Chuzaemah sembari menunjuk makanan yang terbuat dari tepung beras dari kepulauan Karmunjawa.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Jepara Achid Setyawan berharap kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA. Supaya, masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
 
“Kami terus berusaha mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat, utamanya ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan, dan menyusun menu B2SA berbasis sumber daya lokal,” tandas Achid.


(SUR)