Puluhan Orang di Yogyakarta Dievakuasi ke RS Diduga Keracunan Soto

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 19 Sep 2018 16:55 WIB
keracunan makanan
Puluhan Orang di Yogyakarta Dievakuasi ke RS Diduga Keracunan Soto
Suasana pintu masuk IGD RSUD Kota Yogyakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Puluhan warga Kota Yogyakarta diduga mengalami keracunan makanan pada Rabu, 19 September 2018. Warga dari Kampung Lowanu RW 16 Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo itu dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Yogyakarta. 

Pelaksana Tugas Direktur RSUD Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat mengatakan menerima 32 orang terduga keracunan. Pasien itu mulai datang sejak Rabu pagi, 19 September 2018.

"Mereka dari berbagai usia. Ada anak-anak sampai dewasa dan lansia. Tapi mayoritas dewasa," kata Agus di RSUD Kota Yogyakarta. 

Ia menjelaskan, petugas kesehatan segera menangani puluhan orang tersebut agar tidak dehidrasi dan situasi bertambah parah. Menurut dia, mayoritas korban merasa mual, sakit perut, muntah, dan pusing. 

"Ada tanda-tanda keracunan. Namun kita masih belum pastikan penyebabnya. Sampelnya akan diambil Dinas Kesehatan. Sementara sejumlah pasien sudah diizinkan pulang, kata dia. 

Kepala Bidang Pelayanan Media RSUD Kota Yogyakarta, Ira Rahmasari mengatakan 32 orang tersebut sebelumnya mengonsumsi makanan soto. Namun, Ira mengatakan dampak makanan yang dikonsumsi masih harus diperiksa. 

"Kami hanya melakukan penanganan medis. Dinas (Kesehatan) yang akan meneliti sampel makanannya," ujarnya. 


(ALB)