Diguyur Hujan Semalam, Empat Kecamatan di Pekalongan Banjir

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 17 Sep 2016 11:54 WIB
bencana banjir
Diguyur Hujan Semalam, Empat Kecamatan di Pekalongan Banjir
Anak-anak bermain dalam genangan banjir di Pekalongan, MTVN - Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Pekalongan: Hujan deras mengguyur Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, hingga Sabtu pagi 17 September. Hujan mengakibatkan banjir merendam ribuan rumah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko mengatakan 14 desa di empat kecamatan terendam banjir. Ketinggian air mencapai 20 hingga 50 cm.
 
“Banjir terjadi karena sejumlah aliran sungai meluap setelah hujan lebat sejak Jumat sore. Kalau di 3 Kecamatan yang di pesisir itu, banjirnya ditambah dengan banjir rob, dan sudah menjadi daerah langganan banjir,” kata Bambang.
 
Ia belum bisa memastikan berapa jumlah pasti rumah yang terendam banjir. Menurutnya, pihaknya sudah menyiapkan logistik dan peralatan sebagai antisipasi jika ada warga yang mengungsi.
 
“Ini masih di data oleh masing-masing kepala desa, jumlah pastinya kami belum tahu, namun pastinya ada ribuan rumah,” tambahnya.
 
Sementara itu menurut salah satu warga Desa Sumub Lor, Casem, mengatakan banjir yang terjadi dikarenakan hujan yang terjadi sejak Jumat sore. Akibatnya, Sungai Winong yang berada di sekitar desanya meluap.
 
“Air mulai naik hingga ke jalan desa sekitar jam 4 pagi tadi, kemudian sekitar jam 6, air mulai masuk kedalam rumah. Ini di rumah saya ketinggian air sekitar 20 cm. Kalau dijalan itu malah sampai 50 cm,” ujarnya.
 
(RRN)