Tiga Titik Rawan Kemacetan di Pantura Pekalongan

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 01 Sep 2017 15:08 WIB
iduladha 2017
Tiga Titik Rawan Kemacetan di Pantura Pekalongan
Rambu peringatan dipasang petugas Satlantas Pekalongan hadapi arus mudik libur panjang Idul Adha. (Metrotvnews.com /Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Satlantas Polres Pekalongan, Jawa Tengah, prediksikan ada tiga titik rawan kemacetan di jalur Pantura Pekalongan, saat libur Hari Raya Iduladha 1438 Hijriah dan libur panjang akhir pekan. Tiga titik tersebut antara lain adalah IBC Wiradesa, Pasar Wiradesa di jalur Pantura Wiradesa dan Jembatan Ampel di jalur Pantura Siwalan.

“Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, kami berlakukan sistem buka tutup terutama di Jembatan Ampel. Karena ada penyempitan badan jalan di titik tersebut,” kata Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Boby Anugrah Rachman, Jumat, 1 September 2017.

Menurut Boby, sistem buka tutup hanya diberlakukan di Jembatan Ampel. Dari arah Jakarta-Semarang, kendaraan kecil dan sepeda motor melintas di jembatan darurat sisi utara. Sedangkan kendaraan berat bermuatan menggunakan jembatan sisi selatan.

“Apabila terjadi penumpukan kendaraan lebih dari 3 kilometer, maka akan diberlakukan buka tutup. Untuk arus mudik kami prioritaskan kendaraan dari arah barat atau Jakarta-Semarang. Dan sebaliknya untuk arus balik,” tambahnya.

Boby menambahkan, pihaknya juga menyiapkan jalur alternatife jika ada antrian kendaraan dari arah Semarang-Jakarta. “Kendaraan akan kami alihkan mulai dari pos Polisi Gumawang kearah selatan menuju ke Bojong, kemudian belok kanan lanjut ke Sragi hingga ke Pantura Sipait,” jelas Boby.


(ALB)