Mahasiswa UGM Minta Sepeda ke Jokowi

Patricia Vicka    •    Sabtu, 22 Jul 2017 11:27 WIB
joko widodo
Mahasiswa UGM Minta Sepeda ke Jokowi
Presiden Joko Widodo saat memberikan pertanyaan kepada seorang mahasiswa UGM -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Kongres Pancasila ke IX di Balairung Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Sabtu 22 Juli 2017. Pada kesempatan tersebut, seorang mahasiswa UGM meminta sepeda kepada Jokowi.

Permintaan tersebut bermula ketika Jokowi mengetes seorang mahasiswa UGM menyebutkan 10 suku bangsa di Indonesia. Hari Krisnanto Boeboe pun maju ke depan dan menjawab pertanyaan Jokowi.

"Jawa, Betawi, Sunda, Batak, Dayak, Minang, Dhani, Asmat," kata Boeboe sambil terbata-bata.

Setelah menyebutkan delapan suku, mendadak Boeboe berhenti dan nampak berpikir. Presiden Jokowi pun menyemangatinya dengan memberikan petunjuk.

"Suku yang ada di dekat Surabaya dan suku di Sulawesi Selatan yang suka berlayar," kata Jokowi.

Boeboe pun dengan lantang menjawab Madura dan Bugis. Selesai menjawab, Jokowi memberi pujian kepada mahasiswa asli Wonogiri ini.

Namun, Boeboe nampaknya tidak puas hanya sekadar mendapat pujian. "Tidak dapat sepeda pak?" tanya dia yang disambut gelak tawa Jokowi.

Jokowi pun berjanji akan mengirimkan sepeda ke rumah Boeboe. "Nanti saya kirim sepeda satu, tolong dicatat itu," jawabnya.

Kongres Pancasila berlangsung selama tiga pada 21-23 Juli 2017 di UGM. Acara ini dihadiri 400 undangan yang sebagian besar adalah mahasiswa UGM.

Presiden Jokowi datang didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, serta dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.


(NIN)