Sudirman Said Blak-blakan Peran JK dan Prabowo

Mustholih    •    Senin, 31 Jul 2017 02:37 WIB
pilkada 2018
Sudirman Said <i>Blak-blakan</i> Peran JK dan Prabowo
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) bersama mantan Menteri ESDM Sudirman Said. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Metrotvnews.com, Semarang: Sudirman Said membuka peran Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mendorongnya maju di pilkada Jawa Tengah 2018. Sudirman mengakui pernah diberi motivasi oleh JK untuk bertarung di Jateng.

"Lewat berbagai proses interaksi, Beliau memberi satu motivasi, 'silakan dipertimbangkan'. Saya kira di publik, juga mengatakan itu, menyebut kemungkinan-kemungkinan itu," kata Sudirman di Semarang, Jateng, Minggu malam, 30 Juli 2017.

Sudirman menegaskan, tak pernah berbicara hingga ke teknis pencalonan dengan JK. Namun, ia tetap menghargai setiap masukan dan motivasi yang diberikan oleh mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

"Saya menghargai saja. Tapi tidak diskusi spesifik mengenai bagaimana langkah-langkahnya," ungkap Sudirman.

Baca: PAN Samakan Persepsi dengan Sudirman Said di Pilkada Jateng

Sebagai Wakil Presiden, Sudirman menilai JK punya banyak kebijaksanaan. Sudirman menganggap JK sebagai seorang senior. "Pak JK kan Wakil Presiden, seorang senior, jadi banyak sekali wisdom, kebijaksanan-kebijaksanaan. Tentu tidak ada diskusi spesifik mengenai Jawa Tengah," tegas Sudirman.

Sudirman Said hingga kini belum mengantongi dukungan resmi dari partai politik manapun untuk maju di pilkada Jateng 2018. Meski begitu, Sudirman tetap berusaha memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai calon gubernur Jateng.

Izin Prabowo

Sudirman mengaku terus menggalang dukungan dari seluruh partai politik. Beberapa pimpinan partai pun sudah diajak komunikasi, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut dia, Partai Gerindra memiliki suara cukup signifikan di Jateng. Ia pun mengaku telah mendapat 'lampu hijau' dari Prabowo untuk memasarkan diri.

"Saya minta izin, 'Pak saya akan jajaki kemungkinan ini dan beliau memberikan izin. 'silakan berkomunikasi dengan pimpinan partai di daerah'," kata Sudirman mengutip perkataan Prabowo.

Baca: Amien Rais Tunjukkan Dukungan pada Waketum Gerindra

Atas izin tersebut, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu pun mengaku sudah beberapa kali bertemu dengan pimpinan Gerindra Jawa Tengah. Ia pun yakin Gerindra akan menentukan calon yang terbaik buat Jateng.

"Beliau membuka diri. Saya kira memilih orang, kombinasi antara kekuatan partai dan jaringan non-partai akan menentukan. Jadi sepanjang bisa menjelaskan visi dan misi, saya rasa beliau-beliau akan mendukung," kata Sudirman.


(AZF)