Presiden Ingatkan Masyarakat Indonesia Tetap Jaga Persaudaraan

Pythag Kurniati    •    Minggu, 17 Sep 2017 16:16 WIB
jokowi
Presiden Ingatkan Masyarakat Indonesia Tetap Jaga Persaudaraan
Presiden Jokowi di Silatnas MTA di Solo, Minggu, 17 September

Metrotvnews.com, Solo: Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk menjaga persaudaraan atau ukhuwah. Pernyataan tersebut disampaikan presiden saat menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) Majelis Tafsir Al-Quran di Gelora Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Saya ingatkan, mari jaga Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniah dan Ukhuwah Basyariyah," ungkap Presiden Jokowi, Minggu, 17 September 2917. Pasalnya, Indonesia merupakan negara besar dan penuh keragaman.

Jokowi menguraikan, Indonesia terdiri dari 17 ribu pulau, 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa daerah. "Tidak ada negara yang sebesar itu," ujar dia.

Baca: Presiden Jokowi Menghadiri Silatnas MTA di Solo

Jokowi juga menyampaikan ketakjuban pemimpin-pemimpin dunia tentang besarnya negara Indonesia. Salah satunya saat bertemu dengan Raja Salman.

"Saat bertemu Sri Baginda Raja Salman, beliau saya beritahu. Beliau kaget Indonesia punya 714 suku dan 17 ribu pulau," jelas dia. 

Kemudian, saat bertemu Presiden Afganistan Ashraf Ghani, Jokowi juga menyampaikan hal yang sama. "Presiden Afghanistan berpesan, 'hati-hati negaramu'. Di Afganistan hanya ada 7 suku, negaramu ada 714 suku," Jokowi menirukan kata-kata Presiden Afganistan.

Sedangkan, presiden melanjutkan, kurang lebih tiga puluh tahun yang lalu ada dua suku di Afganistan bersengketa. "Akhirnya perang dan saat ini terpecah-belah menjadi 40 kelompok," kata Jokowi.

Untuk merawat keberagaman, Presiden Jokowi berpesan pada masyarakat untuk menyelesaikan sekecil apapun masalah yang muncul.

"Saya ajak semua masyarakat bergandengan tangan dengan komponen bangsa yang lain. Sebarkan kasih sayang, persaudaraan, kerukunan, jaga Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi pengikat kemajemukan," beber presiden.

Silaturahmi Nasional (Silatnas) Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) dihadiri oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Sekretaris Negara Praktikno, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo.

Silatnas MTA di Gelora Manahan, Solo dihadiri oleh 100 ribu peserta yang datang dari seluruh penjuru Tanah Air. Selain mendengarkan arahan presiden, sebanyak 64 cabang dan perwakilan MTA dikukuhkan dalam kesempatan tersebut. Hingga saat ini MTA memiliki 604 cabang dan perwakilan di seluruh Nusantara.



(ALB)