Ribuan Vespa Antik Hiasi Malioboro Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Sabtu, 16 Sep 2017 19:13 WIB
Ribuan Vespa Antik Hiasi Malioboro Yogyakarta
Vespa antik hiasi Prambanan dan Malioboro. Foto: MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Suasana berbeda tampak di  Kota Yogyakarta pagi ini. Ribuan pengemudi vespa dari berapa komunitas memenuhi Jalan Malioboro. Mereka pawai melintasi jalan legendaris tersebut.

Beragam jenis Vespa nampak dalam acara Pawai Grebeg Vespa 2017 dari mulai Vespa antik buatan tahun 1951 hingga Vespa mewah modern terbaru keluaran 946 seri Armani. Beragam gaya vespa tiba, mulai dari bentuk biasa hingga berbentuk mobil tank mini.

Ribuan Vespa ini tengah menghiasi pawai Grebeg Vespa 2017 dalam rangka memeriahkan Asia Vespa Day (AVD) 2017. Parade dibuka oleh Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sekitar pukul 10.00 WIB. Rute pawai dimulai dari depan Balaikota Yogyakarta melewati jalan Malioboro-Jalan Sultan Agung-Balaikota. Haryadi turut naik vespa bersama para Skuteris.

Asia Vespa Day 2017 diadakan selama dua hari sejak Jumat-Sabtu, 15-16 September 2017. Ratusan pecinta vespa dari negara di Asia seperti Vietnam, Tiongkok, Malaysia bahkan Amerika dan Italia ikut hadir memeriahkan acara ini.

Ketua Panitia AVD 2017 Frannata Suryanto menjelaskan acara ini diadakaan untuk mempererat keakraban
diantara Scooteris diseluruh dunia, terutama di Asia. Sekaligus juga untuk mengenalkan budaya dan promosi pariwisata Indonesia ke dunia.

"Ini acara Vespa se-Asia pertama. Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah acara ini. Yang ikut sekitar 2.000 orang dari ratusan komunitas," jelas Franata di Yogyakarta, Jumat 15 September 2017.


Beragam seri dan gaya skuter hadir di Grebeg Vespa 2017 dalam rangka Asia Vespa Day 2017. Foto: MTVN/Patricia Vicka


Ia berharap melalui acara ini, para komunitas vespa bisa bersatu dan saling bertukar pengalaman dan budaya seputar dunia Scooter. Pasalnya kini vespa bukan sekedar kendaraan saja. Namun sudah menjadi sebuah budaya dan gaya hidup.

Salah seorang peserta AVD 2017 asal Tiongkok, Jing Qing, merasa senang dan amat antusias ikut acara ini. Ia merasa dapat keluarga baru sesama pemilik vespa. "Pastinya senang. Karena di negara saya komunitas vespa masih sedikit. Disini komunitas banyak. Saya seperti punya keluarga baru," tuturnya dalam bahasa Mandarin.

Dalam AVD 2017 diadakan beragam acara untuk semakin mempererat keakraban serta meningkatkan ketertiban dalam berkendara para Scooteris. Seperti safety Ridding dan kampanye anti narkoba. Sebelumnya ribuan vespa dipajang di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta. Para Scooteris juga dihibur dengan bazar makanan, seni dan budaya serta acara lelang vespa.


 
(SUR)