Cuaca Ekstrem Jateng Akibat Siklon Tropis Riley

Budi Arista Romadhoni    •    Jumat, 25 Jan 2019 16:59 WIB
cuaca ekstremgelombang tinggi
Cuaca Ekstrem Jateng Akibat Siklon Tropis Riley
Ilustrasi cuaca buruk. Medcom.id/Rahmatullah

Semarang: Cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia merupakan dampak dari Siklon Tropis Riley yang melintas dari wilayah Sumatera hingga Nusa Tenggara Timur. Curah hujan daerah yang dilintasi naik dan menyebabkan gelombang laut tinggi.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Mas Semarang Ganis Erutjahjo mengatakan, dalam beberapa hari ke depan curah hujan di Jawa Tengah meningkat. Hujan intensitas sedang hingga deras diprediksi turun.

"Curah hujan diperkirakan sampai 50 milimeter sampai 100 milimeter per hari," katanya di Semarang, Jumat 25 Januari 2019.

Tidak hanya meningkatkan intensitas curah hujan. Siklon Tropis Riley juga menyebabkan tinggi gelombang laut di perairan Jawa Tengah bagian utara maupun selatan mencapai tiga meter.

Wilayah perairan selatan Jawa Timur hingga Pulau Sumba dan Selat Bali diprediksi terdampak paling parah. Aktivitas pelayaran di sekitar perairan Jateng disarankan ditutup karena kecepatan angin melebihi batas normal di 25 knot (46 kilometer per jam).

Gelombang tinggi di sepanjang pantai utara Jawa Tengah ke wilayah selatan perairan Kalimantan diprediksi berlangsung empat hari ke depan.

"Untuk kapal-kapal kecil disarankan tidak melaut dulu. Imbauan kami dari BMKG tidak melaut dulu, supaya yang beraktivitas di laut selamat.


(SUR)